DONASI Untuk Membatu Pengembangan BLOG ini silahkan transfer ke:
Bank BRI Admin
No. 01000101 579 6535
Terima kasih kami ucapkan atas perhatian dan partisipasinya, semoga tuhan selalu memberkahi kita Kesehatan, Kebahagiaan serta Rejeki yang berlimpah.

Search This Blog

Pengertian Komputer dan Pengelompokkannya


Pada artikel di bawah ini saya akan menulis Pegertian Komputer Dan Pengelompokkannya agar sobat dapat tahu dan mengerti :) :

  • Komputer
Komputer mempunyai ukuran, kecepatan, dan kemampuan yang bervariasi. Berdasarkan kriteria tersebut, komputer dikelompokkan menjadi empat bagian, yaitu:  (1) komputer pribadi (Personal Computer atau disingkat PC), (2) Superkomputer atau Mainframe, (3) Dedicated Computer, dan (4)  Embedded Computer:


1. Personal Computer (PC)
Personal Computer atau PC mempunyai ukuran yang bermacam-macam. Namun bila dibandingkan dengan ukuran mainframe, ukuran PC sangat kecil. Ukuran terbesar dari sebuah PC masih dapat ditempatkan dengan baik di atas sebuah meja tulis atau meja kantor.


Komputer PC banyak digunakan sebagai alat bantu pekerja-pekerja di kantor-kantor, lembaga-lembaga pendidikan, maupun di rumah-rumah. Fungsi penggunaan PC pun bermacam-macam, mulai dari penggunaan untuk melayani pelanggan, membuat dokumen-dokumen, mengola data-data bisnis, mengelola data-data riset, melakukan simulasi penelitian, sampai pada penggunaan untuk hiburan.


2. Superkomputer atau Mainframe
Superkomputer atau Mainframe merupakan komputer yang paling cepat. Karena itu, komputer ini digunakan untuk proyek-prroyek besar, seperti untuk mendesain pesawat terbang, menganalisi molekul-molekul obat, menagani data-data di bank, dan sebagainya.
Superkomputer hanya digunakan oleh kalangan tertentu saja. Superkomputer banyak digunakan oleh insinyur di perusahaan-perusahaan besar, ahli keuangan di bank-bank, peneliti-peneliti di laboratorium, dan sebagainya.
3. Dedicated Computer
Dedicated Computer adalah komputer yang dibuat untuk tujuan tertentu saja, sebagai contoh, video game. Video game dibuat dengan berbagai ukuran, mulai dari yang terkecil, yang dapat dipegang oleh tangan dengan mudah dan menggunakan tenaga baterai, maupun ukuran besar, yang harus diletakkan di rumah dengan ukuran sebesar televisi. Umumnya, video game dilengkapi dengan joystick dan beberapa tombol.

Dedicated Computer


4. Embedded Computer 
Embedded Computer adalah komputer yang berfungsi sebagai unit kontrol dan ditempatkan di pelaratan yang membutuhkan pengendali otomatis. Biasanya embedded computer mempunyai sebuah mikroprosesor tunggal. Beberapa peralatan yang mempunyai embedded computer di dalamnya adalah telepon, videotape recorder, pendingin ruangan, dan mobil yang dilengkapi sistem pengapian yang dikendalikan, dan sebagainya. 

Robot yang memiliki komputer yang digunakan untuk mengendalikan gerakan
Selain itu, embedded computer juga membantu untuk mengendalikan penerbangan pesawat, mengendalikan satelit-satelit agar tetap pada orbitnya, dan mengendalikan peluru kendali agar menemukan target yang dituju. Embedded computer juga ditempatkan untuk mengendalikan gerakan dari robot-robot yang digunakan di industri




Baca Juga Artikel

💓-Fungsi Keyboard : Kode Tombol Pada Keyboard Komputer
💓-Pengertian Komputer dan Pengelompokkannya
💓-Tips Cara Mengatasi Program Windows Error (Program Not Responding)
💓-Fungsi Keyboard : Kode Tombol Pada Keyboard Komputer
💓- Belajar Microsoft Exel
💓-MICROSOFT : Cara Mengunci File Dengan Password
💓-MICROSOFT : BELAJAR MICROSOFT WORD 2010 UNTUK PEMULA
💓-Susunan Kabel UTP STRAIGHT, CROSS dan ROLL OVER
💓-Mencari Dan Mengganti Kata Dengan Cepat Dan Tepat Di Microsoft Word 2007
SoFtwareTips dan Trik

Artikel Kemarin
Next Post »

2 komentar

Click here for komentar
Sapri 321
admin
7 September 2015 at 04:21 ×

Ngopi dari Blog ane . Blog ampas.

Reply
avatar
mia Maryati
admin
6 February 2016 at 01:02 ×

makasih atas cela nya makasih ea

Reply
avatar
Thanks for your comment

Komentar Terakhir