Karena Allah, Aku Menikah Denganmu

Anas Ibnu Malik radhiyallaahu 'anhu berkata: Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam memerintahkan kami berkeluarga dan san...

Anas Ibnu Malik radhiyallaahu 'anhu berkata: Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam memerintahkan kami berkeluarga dan sangat melarang kami membujang. Beliau bersabda: "Nikahilah perempuan yang subur dan penyayang, sebab dengan jumlahmu yang banyak aku akan berbangga di hadapan para Nabi pada hari kiamat." (HR. Ahmad. Shahih menurut Ibnu Hibban)

Dari hadits tersebut dikatakan bahwa seorang laki-laki diminta untuk menikah dengan wanita yang subur yang bisa mempunyai banyak keturunan. Namun meskipun begitu tujuan menikah tak serta merta untuk memiliki keturunan atau untuk memenuhi kebutuhan biologis semata. Adanya cinta yang dilandaskan karena Allah membuat dua insan yang sama-sama memiliki kelebihan kekurangan bersatu.

Saya mendapatkan cerita dari salah seorang wali murid yang biasa saya panggil Ummi. Bebeberapa minggu yang lalu, saat kami bertemu di asrama ummi menceritakan pada saya bahwa beliau telah menjodohkan seorang akhwat (sebut saja Melati) dengan seorang mas-mas (sebut saja mas Joko).

Melati adalah seorang guru ngaji anak ummi. Aktif, vocal, dan berprestasi. Sedangkan mas Joko adalah anak kost dari ibu ummi. Pendiam, kalem, dan tak seberprestasi Melati. Ketika keduanya ditanya sama ummi, apakah sudah siap untuk menikah. Mereka jawab ia. Kemudian ummi memperlihatkan foto masing-masing kepada mereka. Dan mereka sepakat untuk melanjutkan pada proses ta’aruf.

Selama proses ta’aruf keduanya saling terbuka. Dimulai dari mas Joko yang memperkenalkan jati dirinya lengkap. Satu paket antara kelebihan dan kekurangannya. Begitupula dengan Melati. Diapun menceritakan siapa jati dirinya. Satu paket antara kelebihan dan kekurangannya. Tak ada yang ditutupi antara keduanya. Saling terbuka. Hingga setelah ditanya sama ummi apakah mau lanjut ataukah sampai pada proses ini. Keduanya sepakat untuk lanjut. Semua mengucap tasbih, Melati, mas Joko, abi dan ummi yang ikut mendampingi proses ta’aruf mereka.

Setelah proses ta’aruf selesai Melati ditanya sama ummi “Eh kok kalian bisa langsung cocok begitu? Padahal orang itu biasa saja. Sementara kamu kan aktif dan berprestasi”

“Iya, Mi. Saya juga ga tahu kenapa. Saya hanya berdoa sama Allah agar diberi pendamping yang siap menerima saya apa adanya. Sedang dia mau menerima saya apa adanya” jawab Melati, sementara ummi mengucap tasbih.

“Tapi Mi, masak mau nikah saja, calon suami saya harus punya modal 40 juta untuk operasi organ kewanitaan saya?” lanjut Melati.

“Ya tak apa. Kalau memang Allah memberi rizki, insya Allah nanti kan bakal dioperasi. Toh dia juga gapapa to?” kata ummi disambut senyuman Melati.

Di lain waktu mas Joko yang ditanya sama ummi.

“Eh mas, kok kamu bisa langsung mantap sama dia?”

“Iya bude. Saya juga ga tahu. Saya minder bude, saya kan banyak kekurangannya”

“Lha nanti masalah itu gimana? Kan kalau kalian mau (‘afwan) jima’ kan dia harus dioperasi dulu” lanjut ummi.

“Tak apa bude. Gak harus sekarang kok. Saya niat nikah bukan untuk itu” jawab mas Joko.

Sungguh mengharukan. Bagaimana mas Joko bisa menerima Melati yang, punya kekurangan pada organ kewanitaannya. Sehingga untuk bisa melakukan (‘afwan) jima’ Melati harus dioperasi yang biayanya mencapai 40 juta. Sedangkan Melati dengan segala prestasinya mau menerima mas Joko yang biasa saja atau dalam artian tidak seberprestasi dirinya. Dari cerita ummi ini, saya mencoba mengambil beberapa pelajaran, yakni :

Yang pertama, keterbukaan selama proses ta’aruf yang pada akhirnya mempersatukan mereka. Saudaraku, adanya keterbukaan selama proses ta’aruf sangat penting. Karena dari sini kita dapat mengetahui secara detail kekurangan dan kelebihan masing-masing. Sehingga kita dapat memantapkan hati untuk lanjut ataukah berhenti sampai pada proses ta’aruf.

Kadangkala karena sudah ada kecondongan hati terhadap ikhwan atau akhwat yang diajak ta’aruf membuat kita menyembunyikan kekurangan kita. Yang pada akhirnya ketika jadi menikah akan menimbulkan kekecewaan pada salah satu pihak.

Seperti yang terjadi pada salah seorang teman. Selama proses ta’aruf ternyata dari ikhwannya masih ada yang ditutupi. Dan setelah menikah baru ketahuan kalau ikhwan tersebut punya ‘kelainan’ yang berujung pada keretakan rumah tangga mereka. Hal ini tentu lebih menyakitkan dibanding ketika kita memberi tahu sejak proses ta’aruf. Terserah jadi atau tidak. Supaya kita juga tidak merasa seperti membeli kucing dalam karung yang kita tidak tahu isi kucing tersebut benar-benar baik atau tidak. Hehe.

Yang kedua, kesiapan keduanya untuk menerima apa adanya calon pasangan dengan tidak menetepakan banyak kriteria. Melati hanya meminta kepada Allah calon yang siap menerima dia apa adanya. Bahasanya satu paket antara kelebihan dan kekurangannya. Sedangkan mas Joko yang merasa dirinya tak punya banyak kelebihan seperti Melati, siap menerima Melati dengan kekurangannya tersebut.

Yang ketiga adalah niat untuk menikah. Sebenarnya niat kita menikah itu apa? Apakah benar-benar karena Allah ataukah hanya untuk memenuhi kebutuhan biologis semata?. Kalau hanya itu tujuannya, maka mas Joko jelas tidak akan menerimah Melati. Karena untuk mendapatkan kebutuhan biologis tersebut Melati harus dioperasi yang biayanya mencapai 40 juta.

Namun di sinilah kelebihan keduanya. Mereka benar-benar niat menikah karena Allah. Melati siap menerimah mas Joko apa adanya, meski tidak satu marhalah, tidak seberprestasi dirinya. Sedangkan mas Joko juga begitu, dia meniatkan semuanya karena Allah. Perkara kekurangan Melati tersebut, itu bisa diatasi. “Tidak bude, saya tidak menikah karena itu (kebutuhan biologis). Tapi saya benar-benar menikah karena Allah” katanya pada ummi. Ibaratnya kekurangan fisik itu bisa diperbaiki, sedangkan kekurangan (cacat hati dan akhlak) itu yang menjadi masalah besar.

Semoga kita dapat mengambil ibrah dari sedikit cerita ini. Waallahu a’lam bish-showab.



COMMENTS

DISQUS

Name

((((- Link Exchange -)))) A. info hp about Me accer admin cantik adriancell. adriancellular adsense Cari Dollar advan alpukat Alysa Soebandono FAM amalan amalan islam Android ANEKA RESEP CAPCAY LEZAT Aneka Resep Olahan Kepiting Aneka Resep Rumahan aplikasi paytren artikel agama Artikel Hiburan ARTIKEL Tips Agar Cepat Diterima di Google Adsense Indonesia Ayam Potong MASTER AYAM ayat alQuran tentang amar maruf nahi munkar B. SITEMAP BAJU ONLINE MURAH Barang Milik daerah (BMD) Batik Tasik ::::::: H & R ::::::: Ciroyom Kelurahan nagarasari Kecamatan Cipedes Belajar Piano Belajar Tenaga dalam Beranda berita artis Berita Kontroversi Bisnis paytren bisnis rumahan BITCOIN ANTI GALAU Blog Sukses Blog Terbaik Blog Terkenal Blogger Blogging dan ber-tag Blog Terbagus Bukti Transfer Bunda cara Pendaftaran Paytren Cari Jodoh Catatan Cellular hp ceramah agama cerita Chat free Cilok Cinta Nabi Cinta Rasul Contact Me cyrus DAMAS damas - Daya Mahasiswa Sunda Pupuh Data laporan Kependudukan Data Suket - Surat keterangan Telah melakukan Perekaman KTP-el Disclaimer doa Doa Islami Keluarga Muslimah dalam Pernikahan DOKUMEN - PUNYA PAPAHQIQI (OWNER) download aplikasi Download Game Horor 2015 download peraturan Evercoss facebook.com female free Streaming G A M E'S G TV Streaming gallery hamil hiburan Hiburan Film Hijab - Cantik dengan kerudung HP APPLE HTC HUAWEI I NEWS Free Streaming imo Indonesia Indosiar Streaming Informasi kesehatan instagram Instagram profile Jual Beli Tasikmalaya Jualan Kue Kelontong kantor dan Intansi Kecamatan Cipedes Kelontongan KeluargaKu Kewajiban Atasan Langsung Penyimpan BMD KLIP Sehat Komentar berhadiah Pulsa Kuliner Tasikmalaya Kuliners Tasikmalaya Komunitas WISATA KULINER TASIKMALAYA KWKT Kumpulan Wanita Lagi Viral di medsos lagu aku LALAGUAN Laporan Learn Office lenovo LG like dan share Lucah Tasikmalaya MASAKAN ASLI INDONESIA mia MNC TV Streaming Motifasi on google Motifasi on instagram My Family nasihat Niat Nikita Mirzani Olah Kebatinan on the spot 7 One piece Pahlawan Revolusi Panitia Pemeriksa Barang Daerah (PPBD) pelanggan perempuan Persatuan Orang Tua Murid Kelas C SDN Perumnas Cisalak Pramugari printer Privacy Policy Profile Artis puasa Pulsa Gratis pupuh Rahasia Kecantikam Rahasia Pengobatan RCTI STREAMING Recent Post - postingan Paling Baru resep ayam RESEP DAGING SAPI Resep IKAN resep kue Resep Mie Resep Sate resep sehat resep TELOR resep tempe rumah tangga Samsung SCTV Streaming Seks Wanita selfie Server simple simple chating SITEMAP SMARTFREN SOFTWARE Sport Girls Streaming TV submit url to google tahukah kamu Tanya Jawab Seputar Pengurus Barang Template terbaru2017 terkini Tips dan Trik Tips dan Trik english TransTV Tutorial TV ONE Streaming TVRI STREAMING WANITA weton XL-AXIS
false
ltr
item
Chat Online | AdrianCELL Master Pulsa: Karena Allah, Aku Menikah Denganmu
Karena Allah, Aku Menikah Denganmu
http://static.republika.co.id/uploads/images/detailnews/menikah-ilustrasi-_110624165757-940.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-RPpU6KTS9co/Vc3xHUp3ioI/AAAAAAAAAAw/1qGEhda49PE/s72-c/mia.jpg
Chat Online | AdrianCELL Master Pulsa
http://www.miablog.web.id/2016/02/karena-allah-aku-menikah-denganmu.html
http://www.miablog.web.id/
http://www.miablog.web.id/
http://www.miablog.web.id/2016/02/karena-allah-aku-menikah-denganmu.html
true
8686416091357778467
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy