Mengapa Poligami Dibolehkan dalam Islam?

Mengapa seorang pria diperbolehkan untuk memiliki lebih dari satu istri dalam Islam? Dengan demikian mengapa poligami diperbolehkan dala...


Mengapa seorang pria diperbolehkan untuk memiliki lebih dari satu istri dalam Islam? Dengan demikian mengapa poligami diperbolehkan dalam Islam?

Jawaban:


1. Definisi Poligami

Poligami adalah suatu sistem pernikahan dimana satu orang memiliki lebih dari satu pasangan. Poligami terdiri dari dua jenis. Salah satunya adalah poligini di mana seorang pria menikahi lebih dari satu wanita, dan yang satunya lagi adalah poliandri, dimana seorang wanita menikahi lebih dari satu pria. Dalam Islam, poligini diizinkan dengan jumlah maksimal wanita yang boleh dinikahi adalah empat orang; sedangkan poliandri benar-benar dilarang.

Sekarang kembali ke pertanyaan awal, mengapa pria diperbolehkan untuk memiliki lebih dari satu istri?

2. Al-Qur'an adalah satu-satunya kitab suci agama di dunia yang mengatakan, "nikahilah satu wanita saja."

Al-Qur'an adalah satu-satunya kitab agama di muka bumi ini yang berisi ayat 'nikahilah hanya satu wanita saja'. Tidak ada kitab agama lain yang memerintahkan pria untuk menikahi satu istri saja. Tidak ada kitab suci agama lain, apakah itu Veda, Ramayana, Mahabharata, Gita, Talmud atau Bibel yang memberi pembatasan pada jumlah istri yang boleh dinikahi. Menurut kitab-kitab suci selain Islam, seseorang dapat menikahi lebih dari satu istri. Baru pada masa berikutnya para pemimpin Hindu dan Gereja Kristen membatasi jumlah istri yang boleh dinikahi menjadi satu saja.

Banyak tokoh agama Hindu, menurut kitab suci mereka, memiliki banyak istri. Raja Dashrat, ayah dari Rama, memiliki lebih dari satu istri. Krishna memiliki beberapa istri.

Di masa lalu, orang-orang Kristen diizinkan menikahi istri sebanyak yang mereka inginkan, karena Bibel tidak menentukan batasan pada jumlah istri. Baru pada beberapa abad yang lalu Gereja membatasi jumlah istri menjadi satu saja.

Poligami juga diperbolehkan dalam agama Yahudi. Menurut hukum Talmud, Abraham memiliki tiga istri, dan Salomo memiliki ratusan istri. Praktek poligami terus dilakukan sampai Rabbi Gerson ben Yehudah (960 M sampai 1030 M) mengeluarkan dekrit untuk menentangnya. Masyarakat Yahudi Sephardic yang tinggal di negara-negara Muslim terus melanjutkan praktek poligami sampai akhir tahun 1950-an, dimana Undang-undang Ketua Kerabian Israel memperpanjang larangan menikahi lebih dari satu istri.

3. Umat Hindu lebih poligini daripada Umat Muslim

Laporan dari 'Komite Status Perempuan dalam Islam', yang diterbitkan pada tahun 1975 menyebutkan pada halaman 66 dan 67 bahwa persentase pernikahan poligami antara tahun 1951 dan 1961 adalah 5,06% antara Hindu dan hanya 4,31% di kalangan umat Islam. Menurut hukum India hanya pria Muslim yang diizinkan untuk memiliki lebih dari satu istri. Bagi non-Muslim di India, merupakan tindakan ilegal untuk memiliki lebih dari satu istri. Meskipun itu menjadi ilegal, umat Hindu memiliki lebih banyak istri dibandingkan dengan Muslim. Sebelumnya, tidak ada pembatasan pada laki-laki Hindu berhubungan dengan jumlah istri yang boleh dinikahi. Barulah pada tahun 1954, ketika UU Perkawinan Hindu disahkan, maka ditetapkan ilegal bagi seorang Hindu untuk memiliki lebih dari satu istri. Jadi adalah Hukum India yang membatasi seorang Hindu dari memiliki lebih dari satu istri dan bukan kitab suci Hindu.

Mari kita menganalisis mengapa Islam mengijinkan seorang pria untuk memiliki lebih dari satu istri.

4. Alquran membolehkan poligini tapi dibatasi

Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, Alqur'an adalah satu-satunya kitab agama di muka bumi yang mengatakan "nikahilah hanya satu istri.' Berikut bunyi dari ayatnya dari Surah Nisa dalam Al-qur'an:

"Dan jika kamu takut tidak akan dapat berlaku adil terhadap (hak-hak) perempuan yang yatim (bilamana kamu mengawininya), maka kawinilah wanita-wanita (lain) yang kamu senangi : dua, tiga atau empat. Kemudian jika kamu takut tidak akan dapat berlaku adil, maka (kawinilah) seorang saja." [Al-Qur'an 4:3]

Sebelum Al-Qur'an diturunkan, tidak ada batasan untuk poligini dan banyak pria memiliki banyak sekali istri, bahkan ratusan istri. Islam menempatkan batasan maksimal sebanyak empat istri. Islam memberikan izin pria untuk menikahi dua, tiga atau empat wanita, dengan syarat bahwa ia bisa berlaku adil kepada mereka.

Dalam Surah Nisa ayat 129 Allah berfirman:

"Dan kamu sekali-kali tidak akan dapat berlaku adil di antara isteri-isteri(mu)..." [Al-Qur'an 4: 129]

Oleh karena itu poligini bukanlah kewajiban melainkan dibolehkan dengan syarat. Banyak orang salah paham bahwa poligini diwajibkan bagi seorang Muslim. Secara umum, Islam memiliki lima kategori dari hal yang dibolehkan dan hal yang dilarang:

(I) 'Fard' yaitu wajib
(Ii) 'Mustahab' yaitu dianjurkan
(Iii) 'Mubah' yaitu diperbolehkan atau diizinkan
(Iv) 'Makruh' yaitu tidak dianjurkan atau lebih baik dihindari
(V) 'Haram' yaitu dilarang atau tidak boleh dilakukan

Poligini jatuh dalam kategori tengah-tengah atau "mubah", yaitu sesuatu yang boleh dilakukan. Dengan demikian, tidak dapat dikatakan bahwa seorang muslim yang memiliki dua, tiga, atau empat istri adalah seorang Muslim yang lebih baik dibandingkan dengan seorang Muslim yang hanya memiliki satu istri.

5. Rata-rata masa hidup wanita lebih panjang daripada laki-laki
Laki-laki dan perempuan secara alami lahir dengan perbandingan yang hampir sama. Meski begitu, bayi perempuan memiliki kekebalan tubuh lebih kuat daripada bayi laki-laki. Seorang bayi perempuan bisa melawan kuman dan penyakit lebih baik daripada bayi laki-laki. Karena itulah ada lebih banyak kematian di antara bayi laki-laki dibandingkan bayi perempuan.

Selama perang, ada lebih banyak pria yang tewas dibandingkan dengan wanita. Laki-laki lebih banyak yang meninggal karena kecelakaan dan penyakit dibandingkan wanita. Rentang hidup rata-rata perempuan lebih panjang daripada laki-laki, dan itulah mengapa kita menemukan lebih banyak janda di dunia ini daripada duda.

6. India memiliki lebih banyak penduduk laki-laki daripada perempuan karena aborsi janin perempuan dan pembunuhan bayi

India adalah salah satu dari sedikit negara, beserta dengan negara-negara tetangganya, dimana populasi wanita lebih sedikit daripada populasi laki-laki. Alasannya terletak pada tingginya tingkat pembunuhan bayi perempuan di India, dan fakta bahwa lebih dari satu juta janin perempuan diaborsi setiap tahunnya di negeri ini, setelah janinnya diketahui sebagai perempuan. Jika praktek jahat ini dihentikan, maka India juga akan memiliki lebih banyak perempuan dibandingkan dengan laki-laki.

7. Penduduk perempuan lebih banyak daripada penduduk laki-laki di dunia

Di Amerika Serikat, perempuan melebihi laki-laki sebesar 7,8 juta jiwa. New York saja memiliki satu juta perempuan lebih banyak dibandingkan dengan jumlah laki-laki, dan sepertiga penduduk laki-laki dari New York adalah kaum homoseksual. Amerika Serikat secara keseluruhan memiliki lebih dari lima belas juta penduduk yang homoseksual. Ini berarti mereka tidak ingin menikahi wanita. Inggris memiliki perempuan empat juta lebih banyak dibandingkan dengan laki-laki. Jerman memiliki perempuan lima juta lebih banyak dibandingkan dengan laki-laki. Rusia memiliki perempuan sembilan juta lebih banyak dibandingkan laki-laki. Hanya Tuhan yang tahu berapa juta lebih banyak perempuan yang ada di seluruh dunia dibandingkan dengan laki-laki.

8. Membatasi sehingga setiap orang hanya memiliki satu istri tidak bisa dilakukan

Bahkan jika setiap pria dinikahkan dengan seorang wanita, masih tersisa lebih dari tiga puluh juta wanita di Amerika Serikat yang tidak akan bisa mendapatkan suami (mengingat bahwa Amerika memiliki dua puluh lima juta kaum homoseksual). Akan ada lebih dari empat juta perempuan di Inggris, lima juta wanita di Jerman dan, sembilan juta wanita di Rusia yang tidak akan dapat menemukan seorang suami.

Misalkan adik saya adalah seorang wanita yang belum menikah dan dia tinggal di AS, atau misalnya kakak Anda kebetulan adalah salah satu wanita yang belum menikah yang tinggal di Amerika Serikat. Hanya dua pilihan yang tersisa baginya, yaitu dia menikah dengan pria yang sudah memiliki istri atau menjadi "properti publik." Tidak ada pilihan lain. Semua wanita yang masih berakal sehat tentu akan memilih pilihan yang pertama.

Dalam masyarakat Barat, adalah umum bagi seorang pria untuk memiliki pacar simpanan atau beberapa wanita selingkuhan, sehingga dalam hal ini, wanita yang menjadi simpanan itu menjalani hidup yang memalukan, dan menghinakan dirinya. Dengan demikian mengapa masyarakat Barat, tidak bisa menerima jika seorang pria memiliki lebih dari satu istri, dimana istrinya itu tetap terhormat, memiliki martabat dalam masyarakat, dan menjalani hidup dengan damai?

Jadi hanya ada dua pilihan bagi seorang wanita yang tidak dapat menemukan seorang suami, yaitu menikah dengan pria yang sudah menikah atau menjadi "properti publik." Islam lebih suka memberi perempuan posisi yang terhormat dengan mengizinkan pilihan pertama dan melarang pilihan yang kedua.

Ada beberapa alasan lain, mengapa Islam telah mengizinkan poligini yang dibatasi, tetapi alasan-alasan itu terutama untuk melindungi kehormatan perempuan.

Sumber:http://www.lampuislam.org

COMMENTS

BLOGGER: 1
Loading...
DISQUS
Name

((((- Link Exchange -)))) A. info hp about Me accer admin cantik adriancell. adriancellular adsense Cari Dollar advan alpukat Alysa Soebandono FAM amalan amalan islam Android ANEKA RESEP CAPCAY LEZAT Aneka Resep Olahan Kepiting Aneka Resep Rumahan aplikasi paytren artikel agama Artikel Hiburan ARTIKEL Tips Agar Cepat Diterima di Google Adsense Indonesia Ayam Potong MASTER AYAM ayat alQuran tentang amar maruf nahi munkar B. SITEMAP BAJU ONLINE MURAH Barang Milik daerah (BMD) Batik Tasik ::::::: H & R ::::::: Ciroyom Kelurahan nagarasari Kecamatan Cipedes Belajar Piano Belajar Tenaga dalam Beranda berita artis Berita Kontroversi Bisnis paytren bisnis rumahan BITCOIN ANTI GALAU Blog Sukses Blog Terbaik Blog Terkenal Blogger Blogging dan ber-tag Blog Terbagus Bukti Transfer Bunda Bunda Mia cara Pendaftaran Paytren Cari Jodoh Catatan Cellular hp ceramah agama cerita Chat free Cilok Cinta Nabi Cinta Rasul Contact Me cyrus DAMAS damas - Daya Mahasiswa Sunda Pupuh Data laporan Kependudukan Data Suket - Surat keterangan Telah melakukan Perekaman KTP-el Disclaimer doa Doa Islami Keluarga Muslimah dalam Pernikahan DOKUMEN - PUNYA PAPAHQIQI (OWNER) download aplikasi Download Game Horor 2015 download peraturan Evercoss facebook.com female Forum Silaturahmi free Streaming G A M E'S G TV Streaming Gabbuci Collection gallery hamil hiburan Hiburan Film Hijab - Cantik dengan kerudung HP APPLE HTC HUAWEI I NEWS Free Streaming imo Indonesia Indosiar Streaming Informasi kesehatan instagram Instagram profile Jual Beli Online Jual Beli Tasikmalaya Jualan Kue Kelontong kantor dan Intansi Kecamatan Cipedes Kegiatan Ku Kelontongan KeluargaKu Kewajiban Atasan Langsung Penyimpan BMD KLIP Sehat Komentar berhadiah Pulsa Kuliner Tasikmalaya Kuliners Tasikmalaya Komunitas WISATA KULINER TASIKMALAYA KWKT Kumpulan Wanita Lagi Viral di medsos lagu aku LALAGUAN Laporan Learn Office lenovo LG like dan share Lucah Tasikmalaya MASAKAN ASLI INDONESIA mia MNC TV Streaming Motifasi on google Motifasi on instagram My Family nasihat Niat Nikita Mirzani Olah Kebatinan on the spot 7 One piece Pahlawan Revolusi Panitia Pemeriksa Barang Daerah (PPBD) pelanggan perempuan Persatuan Orang Tua Murid Kelas C SDN Perumnas Cisalak Pramugari printer Privacy Policy Profile Artis puasa Pulsa Gratis pupuh Rahasia Kecantikam Rahasia Pengobatan RCTI STREAMING Recent Post - postingan Paling Baru resep ayam RESEP DAGING SAPI Resep IKAN resep kue Resep Mie Resep Sate resep sehat resep TELOR resep tempe rumah tangga Samsung SCTV Streaming Seks Wanita selfie Server simple simple chating SITEMAP SMARTFREN SOFTWARE Sport Girls Streaming TV submit url to google tahukah kamu Tanya Jawab Seputar Pengurus Barang Template terbaru2017 terkini Tips dan Trik Tips dan Trik english TransTV Tutorial TV ONE Streaming TVRI STREAMING WANITA weton XL-AXIS
false
ltr
item
#TheComment-Seleb: Mengapa Poligami Dibolehkan dalam Islam?
Mengapa Poligami Dibolehkan dalam Islam?
https://4.bp.blogspot.com/-SsHTdMCwdLo/VT22UKXzWxI/AAAAAAAACgY/QjXTSAdT4Mw/s640/6790153-flower-meadow.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-SsHTdMCwdLo/VT22UKXzWxI/AAAAAAAACgY/QjXTSAdT4Mw/s72-c/6790153-flower-meadow.jpg
#TheComment-Seleb
http://www.miablog.web.id/2016/02/mengapa-poligami-dibolehkan-dalam-islam.html
http://www.miablog.web.id/
http://www.miablog.web.id/
http://www.miablog.web.id/2016/02/mengapa-poligami-dibolehkan-dalam-islam.html
true
8686416091357778467
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy