Search This Blog


 
✿✿ Bunda Online SHOP ✿✿
✿✿✿Tukar Link sahabat Bunda✿✿✿

Manfaat Asam Jawa untuk Kesehatan


Manfaat Asam jawaAsam jawa berasal dari afrika tapi masuk ke indonesia ini pohon ini digunakan hanya sebagai peneduh saja di pinggiran pingiran jalan.

Atau  asam jawa (Tamarindus indica), asam atau asem merupakan sejenis tumbuhan yang menghasilkan  buah yang masam rasanya; dan biasa digunakan oleh sebagian kalangan sebagai bumbu berbagai masakan dan bahan aneka obat tradisional.

Buah dari asam jawa kandungan berbagai kadar senyawa seperti  asam tartrat,  asam apel, asam anggur, asam sitrat ,ectin dan gula invert, asam suksinat. Selain itu, dari setiap 100 gram buah asam jawa, Anda akan mendapatkan banyak asupan gizi, antara lain: protein sebanyak 2,8 gram, kalori sebesar 239 kal, lemak sebesar 0,6 gram, kalsium 74 miligram, hidrat arang sebanyak 62,5 miligram


Berikut ini adalah kandungan nilai gizi asam jawa @100g (lebih lengkapnya bisa dilihat di USDA)

KandunganNilaiSatuan
Kalori239,00kal
Air31,40g
Karbohidrat62,50g
Kalsium74,00mg
Sodium28mg
Potasium628mg
Fosfor113mg
Protein2,80g
Lemak0,60g
Zat besi0,60mg
Vitamin A30,00SI
Vitamin B0,34mg
Vitamin C3,5mg

Manfaat dan Khasiat Asam Jawa

Dari zaman nenek moyang, Asam Jawa selain digunakan untuk campuran aneka menu masakan, juga dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan obat-obatan tradisional untuk berbagai macam penyakit, di antaranya:
  • Jerawat
  • Borok
  • Keputihan
  • Gatal berupa titik-titik merah bergelembung air
  • Nyeri haid pada gadis remaja
  • Campak
  • H4id bau anyir
  • Batuk kering
  • Sariawan
  • Gatal pada bekas luka yang sudah kering
  • Bisul

Cara mengolah Asam Jawa Menjadi Obat

Berikut ini adalah panduan tentang cara mengolah Asam Jawa menjadi obat tradisional seperti dijelaskan oleh Pusat Dokumentasi dan Informasi Ilmiah – Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (PDII-LIPI) melalui laman warintek.ristek.go.id:
  1. Mengobati jerawat. Siapkan asam kawak sebesar telur burung puyuh, 12 helai daun sambiloto, 10 iris temulawak, kencur 5 cm, 1 sendok teh adas, 10 helai daun jintan, semua dicuci lalu lumatkan semua bahan. Beri 1 2/2 gelas air, saring dan ampasnya diperas dengan kain. Minum 3x sehari. Untuk obat luar: asam jawa diberi air bersih, diremas-remas, disaring dan airnya dipakai untuk mencuci muka menjelang tidur malam.
  2. Mengobati sariawan. 1 cangkir daun asam muda, sepotong kunyit 5 cm. Semua dicuci, kunyit diiris. Rebus dengan 4 gelas air sampai airnya tinggal setengah. Supaya rasanya agak enak, boleh ditambahkan gula aren saat merebus. Saring. Minum pagi dan sore. Ulangi selama beberapa hari.
  3. Mengatasi haid bau anyir. Asam kawak sebesar telur burung puyuh dicampur dengan 10 iris temulawak yang dicuci dulu sebelum diiris dan irisan gula aren. Seduh dengan segelas air. Aduk rata. Setelah dingin disaring. Diminum 1x sehari selama haid.
  4. Gatal berupa titik-titik merah bergelembung air. 8 iris temulawak (dicuci dulu sebelum diiris-iris) dan gula aren direbus dengan segelas air, sampai airnya tinggal setengah. Masukkan asam kawak sebesar telur burung puyuh, aduk sampai asam keluar sarinya. Saring, minum sekali sehari sampai sembuh.
  5. Mengatasi keputihan. Asam kawak sebesar kelereng, 25 helai daun beluntas dicuci, kunyit 5 cm dicuci, dikupas, sedikit gula aren. Daun asam dan kunyit dilumatkan, diseduh dengan 1/2 gelas air panas. Masukkan asam dan gula. Aduk-aduk sampai gula larut. Peras dengan kain. Diminum menjelang tidur malam setiap hari.
  6. Mengobati bisul. Ambil asam kawak sebesar telur burung puyuh, direndam dalam 1 gelas air sehingga mengembang, 5 iris temulawak yang dicuci dulu sebelum diiris, gula aren untuk pemanis. Semuan dididihkan sehingga airnya tinggal setengah. Diminum 1x sehari sampai sembuh. Untuk ditempelkan: asam kawak sebesar telur burung puyuh, sedikit garam dan sedikit minyak dicampur dan dilumatkan. Tempelkan ke bisul.
  7. Mengatasi nyeri haid pada gadis remaja. (Cara I) 10 iris temulawak yang dicuci dulu sebelum diiris, gula aren untuk memperbaiki rasa, direbus dengan segelas air sampai airnya tinggal setengah. Masukkan asam kawak sebesar telur burung puyuh. Aduk sampai asamnya mengembang. Saring, lalu minum sekali sehari selama seminggu sebelum haid. (Cara II) Asam kawak sebesar telur burung puyuh, 10 iris kunyit segar yang dicuci dulu sebelum diiris. Seduh dengan setengah gelas air. Tutup dan biarkan sampai hangat kuku. Saring. Ramuan ini untuk sekali minum. Lakukan setiap pagi dan sore. Catatan: Ramuan asam kawak jangan diminum oleh wanita hamil.
  8. Gatal pada bekas luka yang sudah kering. (Cara I) asam kawak dilembapkan dengan air bersih yang sudah matang, lalu digosokkan ke bekas luka yang gatal. (Cara II) 1 sendok makan penuh daun asam, sepotong empu kunyit, dicuci, dilumatkan, ditempel ke bekas luka yang gatal.
  9. Mengobati borok (luka berair dan bernanah, gatal, dan pedih). Biji-biji asam dicuci, dikupas, dilumatkan. Tempelkan pada borok.
  10. Mengobati batuk kering. 2 gelas daun asam, 2 gelas daun saga, 5 cm kayu manis Cina dicuci, direbus dengan 3 gelas air sampai airnya tinggal 2 gelas. Diminum siang hari, sebagai pengganti air minum biasa. Ulangi selama beberapa hari.
  11. Mengobati campak. 1 gelas daun asam, 3 rimpang kunyit segar dicuci, diiris, sedikit garam dan gula aren. Semua direbus dengan 2 gelas air sampai airnya tinggal setengah. Diminum pagi dan sore. Ulangi seperlunya.



Semoga bermanfaat

Baca Juga
Manfaat Buah nanas bagi Kesehatan jarang diketahui orang
Manfaat Asam Jawa untuk Kesehatan
- Manfaat Biji Nangka Bagi Kesehatan
- Manfaat Lidah Buaya yang belum diketahui
- Makanan Yang Baik Dikonsumsi Untuk Penderita P4tah Tulang
- Manfaat Kulit Pisang
- Manfaat jengkol
- Manfaat Labu Kuning atau Waluh Bagi kesehatan
- Manfaat Kacang Tanah
- Manfaat Daun kemangi untuk Kesehatan
- Manfaat Pete untuk Kesehatan Tubuh
Label label Artikel

Artikel Kemarin
Next Post »

2 komentar

Click here for komentar
Admin Radith
admin
14 November 2017 at 02:51 ×

terimakasih ilmunya sangat bermanfaat (y)

Reply
avatar
Thanks for your comment

Komentar Terakhir