Article in English


Sering kali kita meremehkan penggunaan artikel, mungkin salah satu  sebabnya adalah karena penggunaan artikel itu sering kali membingungkan. Apalagi sering timbul pertannyaan “perlu gak ya kita memasukan artikel di depan kata benda (noun)?” pada dasarnya artikel berfungsi untuk menunjukkan seberapa khusus atau seberapa umum sebuah kata benda. Ada tiga jenis artikel, yaitu: the, a/an, dan satu lagi adalah yang tidak memiliki article (zero article). Untuk memahami penggunaan artikel tidaklah mudah, Dengan belajar berangsur-angsur dan membacanya berulang-ulang, mudah-mudah kemampuan bahasa Inggris kita berkembang dan dengan mudah kita memahami penggunaan artikel dalam bahasa Inggris.
Berikut ini penjelasan mengenai macam-macam artikel dalam bahasa Inggris;

I. Artikel A dan AN

Dalam bahasa Inggris, artikel A dan AN disebut juga Indefinete Article. Sebagai article, ‘ a ‘ dan ‘ an ‘ bisa berarti sesuatu/sebuah/seekor/seorang dst. Arti dari artikel tersebut tergantung pada kata benda sesudaahnya. 

           an apple   = sebuah apel
a lady      = seorang wanita
a cat       = seekor kucing
a leaf      = sehelai daun, dst.
an hour   = sejam (satu jam)

Penggunaan A dan AN

Perlu diingat bahwa artikel a dan an hanya dapat diikuti oleh singular nouns (benda tunggal), dan tidak boleh diikuti secara langsung oleh uncountable noun (benda yang tidak dapat dihitung).

Contoh: 
 I am looking for a sugar.
 She has a water.
 My father need a salt.

Kita ketahui bahwa sugar, water dan salt adalah uncountable noun,maka kalimat-kalimat di atas salah jika kita meletakkan artikel sebelum kata benda tersebut. Kalimat yang benar adalah: 

I am looking for sugar.
           She has water.
           My brothers need salt.


Telah disebutkan di atas bahwa artikel A dan AN disebut juga Indefinite Article. Indefinite berarti sesuatu yang tidak tentu/sesuatu yang tidak pasti, dengan kata lain masih umum dan belum spesifik.
Contoh: 

            I have a book at home. (saya mempunyai sebuah buku di rumah)

jika anda mengatakan “a book” berarti lawan bicara anda tidak mengetahui buku apa yang anda punya, karena pastinya banyak jenis buku di rumah Anda. Berarti makna yang bisa diambil adalah masih bersifat umum, belum spesifik buku apa dan buku yang mana yang Anda maksud. 

Kesimpulan: 

Article
Meaning (makna)
Pemakaian
A atau An
General idea (bermakna umum dan tidak spesifik)
1. Digunakan ketika benda tersebut ada banyak, dan anda tidak mengetahui benda yang mana yang dimaksud dan tentunya benda yg dimaksud tersebut hanya satu/tunggal tetapi anda tidak mengetahui yang mana benda tersebut.

Contoh: Andy will bring a book tomorrow (Andy akan membawa sebuah buku besok). Pada contoh ini kita mengetahui bahwa Andy akan membawa sebuah buku, dan kita tidak mengetahu sebuah buku yang mana yang akan dia bawa.

2. Digunakan ketika benda tersebut banyak (ada banyak benda) dan anda tidak peduli benda yang mana yang anda maksud. (hehe agak bingung ya.. perhatikan contoh di bawah ini untuk memahaminya!)

Contoh: An Artist must have good behavior. (Seorang artis harus mempunya tingkah laku yang baik).

Pada contoh ini kita hanya menyebutkan “an artist” berarti hanya “satu artis”, dan kita ketahui di dunia ini ada banyak artis, dan anda hanya menyebutkan “an artist” karena anda tidak peduli artis yang mana yang anda maksud. Kembali lagi ke makna artikelnya yang tidak spesifik atau masih general (umum).



2. Perbedaan pemakain A dan AN
A dan AN
AN
AN  digunakan di depan kata benda tunggal yang dimulai dengan huruf/bunyi vocal (a,i,u,e,o)
A
A digunakan di depan kata benda tunggal yang dimulai dengan huruf atau bunyi konsonan.
Hati-hati dengan kata benda tunggal yang dimulai dengan huruh “H” dan  “U”

Penjelasan;

A digunakan di depan kata-kata yang dimulai dan berbunyi huruf konsonan, seperti b, c, d, g, p,dst.
Contoh:  a book, a chair, a table.

An digunakan di depan kata-kata yang dimulai dengan huruf/bunyi vokal seperti a, e, i, o, atau u. Misalnya: an apple, an orange, an egg,  an umbrella. 

An juga bisa digunakan di depan kata-kata yang dimulai dengan huruf “h” tetapi huruf “h” tersebut berbunyi “a” misalnya : kata “hour, honest dll” jadi kita tidak boleh membuat “a hour” tetapi “an hour” yang artinya “sejam”, “an honest man” bukan  “a honest man” yang artinya “seorang laki-laki yang jujur”.

Selain “h”, “u” juga perlu diperhatikan, walau huruf pertama dari kata tersebut “u” tetapi tidak selalu menggunakan artikel “an”. Jika “u” pada kata tersbut tidak berbunyi vocal melainkan konsonan maka artikelnya adalah “a”. 

Contoh: “a university” bukan  “an university”

Karena “u” pada kata tersebut berbunyi “Ju:” berbeda dengan “umbrella” yang berbunyi “^m’brelə” oleh karena itu kita harus menggunakan “an” yaitu mennjadi “an umbrella”.

II. Artikel THE

Artikel THE dalam bahasa Inggris disebut juga DEFINITE Article. Definite berarti pasti/tentu/jelas. Artikel ini digunakan untuk sesuatu yang khusus atau spesifik.

Contoh: open the door!
            Cut the cake!
            I love the girl.

Pada contoh kalimat di atas, artikel THE menunjukan bahwa benda itu spesifik, baik pembicara dan lawan bicara sudah mengetahui benda yang dimaksud. Jika mengatakan “close the door!” berarti pembicara dan lawan bicara sudah mengetahui pintu yang mana yang harus ditutup. “cut the cake!” berarti sudah mengetahui kue mana yang harus dipotong. 

Catatan: Artikel THE juga bisa diletakan  sebelum kata benda jamak (Plural nouns), misalnya: The students, the books, the cars. 

III. Zero Article

Zero article umum digunakan apabila sesuatu tidak bisa dibedakan apakah termasuk definit (pasti) atau indefinit (tidak tentu), dengan kata lain zero artikel adalah peniadaan artikel sebelum kata benda tersebut.
Zero article digunakan di depan kata benda jamak yang dapat dihitung. Misalnya:
  • I like monkeys. I like a monkeys.
  • Stars are beautiful. A stars are beautiful.
Zero article digunakan di depan kata benda tunggal yang tidak dapat dihitung. Misalnya:
  • I like juice. I like a juice
  • English is fun. The English is fun
Zero article digunakan di depan kata benda khusus/diri (proper noun). Misalnya:
  • My name is Tom. My name is a Tom.
  • I Live in Indonesia. I Live in a Indonesia.
Selesai sudah penjelasan mengenai artikel, semoga bermamfaat. Jika teman-teman suka akan materi-materi yang telah saya sampaikan, bisa follow blog ini, cara paling gampang adalah lewat FB sehingga semua materi-materi yang baru bisa anda ketahui karena terlampir pada beranda facebook anda. Selamat belajar…good luck.

Kembali Ke MENU UTAMA

SHARE THIS
Previous Post
Next Post

Translate