AddToAny

Skip to main content
,
Nonton ONLINE




 sitemap blog☕


Cara Memilih Keyword yang Tepat Untuk Kontenmu

Artikel ini akan membahas alternatif cara memilih keyword artikel dan panduan mengekstrak keyword, serta cara mengirimkan keyword ke penulis agar bisa langsung dieksekusi menjadi artikel SEO.

Sumber foto linkedin

Apabila Anda sedang membuat artikel SEO atau ingin memesan sebuah artikel di jasa penulis SEO, kemungkinan Anda akan dihadapkan pada pertanyaan yang sama, "keywordnya udah ada?" atau "keywordnya apa?", dan Anda mulai pusing haha.

Tapi jangan khawatir, jika Anda ditanya demikian, jawab saja "sebentar, keywordnya sedang saya cari, nanti takirimkan", ups!

Pengertian Keyword
#OrangKreatif yang bekerja sebagai SEO Writer atau berkecimpung pada ranah Digital Marketing, mungkin sudah tak asing lagi dengan “keyword“. Nah, bagi kalian yang masih kurang familiar dengan istilah satu ini, simak terus artikel ini, ya! papahqiqi bakal bantu kamu agar lebih memahami tentang kata kunci dalam SEO.

Keyword merupakan kata kunci digunakan oleh user saat melakukan sebuah pencarian pada mesin pencari. Kata kunci digunakan untuk merepresentasikan website, konten, atau tulisan agar dapat dengan mudah diidentifikasi oleh mesin pencari. Keyword yang tepat adalah kata kunci yang mewakilkan konten dan memiliki performa yang baik pada search engine. Semakin sering dicari sebuah keyword, maka akan semakin besar kemungkinan artikel yang kita tulis untuk dibaca oleh Google sehingga akan semakin banyak pula traffic yang didapatkan.

Berdasarkan panjangnya atau jumlah kata yang digunakan, terdapat dua jenis kata kunci yang dikenal pada SEO, yaitu:

  1. Long-tail keyword, lebih spesifik dan terdiri dari 3 kata atau lebih. Walaupun search volume dari long-tail keyword lebih kecil, kata kunci jenis ini akan lebih mudah muncul bagi audiens yang sudah tahu dengan spesifik apa yang hendak ia cari dan kompetisi dengan konten lain rendah sehingga akan lebih mudah mendapatkan peringkat yang tinggi pada search engine. Contoh: “Rekomendasi film horror Netflix”
  2. Short-tail keyword, bersifat lebih umum dan terdiri 1-3 kata saja. Kata kunci tipe ini memiliki search volume yang tinggi karena biasanya kata kunci long-tail pasti menggunakan short-tail keyword di dalamnya sehingga short-tail keyword harus bersaing dengan artikel-artikel yang menggunakan short-tail keyword dan juga long-tail-keyword. Oleh karena itu, akan lebih sulit bagi short-tail keyword mendapatkan peringkat yang tinggi pada search engine. Contoh: “Strategi digital marketing”
Cara Memilih Keyword
Pentingnya kata kunci pada SEO sebuah website atau artikel, membuat keyword tak bisa dipilih dengan sembarangan. Seorang SEO Writer harus berhati-hati saat memilih dan menggunakan kata kunci di dalam konten. Untuk itu, SEO Writer perlu dilakukan riset terlebih dahulu sebelum menentukan kata kunci yang akan digunakan. Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk membantu kamu memilih keyword yang tepat untuk kontenmu!

Kenali audiens
Sebelum memilih kata kunci, seorang SEO Writer harus mengenali target audiensnya terlebih dahulu. Pemahaman akan audiens yang memadai, dapat membantu kita untuk mengetahui perilaku dan kebutuhan mereka. Dengan begitu kita dapat membuat konten yang sesuai dengan target audiens kita dan menjawab kebutuhan mereka.

Tentukan topik
Setelah memahami apa yang dicari-cari oleh target audiens, kita bisa mulai menentukan topik yang akan diangkat dalam konten kita. Semakin relatable konten, akan semakin tinggi pula kemungkinan audiens mencari dan mengkonsumsi konten yang kita buat.

Posisikan dirimu sebagai audiens
Untuk menentukan kata kunci yang tepat dan mampu mendorong naiknya traffic, posisikanlah dirimu sebagai targat audiens. Bayangkan apa kata-kata apa yang akan kamu tulis pada search engine bar saat hendak mencari konten yang sesuai dengan topik yang hendak kamu buat. Dengan begitu, kamu akan mendapatkan gambaran kata-kata kunci yang banyak digunakan oleh user saat melakukan pencarian.

Gunakan tools mencari keyword
Untuk mempermudah riset keyword, kamu dapat menggunakan bantuan tools keywords yang tersedia. Alat-alat bantu tersebut dapat memberikanmu data dengan lebih akurat dan lengkap sehingga riset yang dilakukan akan menjadi lebih efektif. Melalui tools keyword dapat diketahui hal-hal seperti, CPC, search volume, traffic, backlinks, ranking, dan lain-lainnya. Berikut ini adalah beberapa tools yang dapat kamu gunakan:

Sekian sedikit ilmu dari papahqiqi tentang keyword dalam SEO untuk mengoptimasikan konten yang kamu buat


PILIH YA

Nama ASLI : I GDE RISKI MSIP, Seorang PNS @ Pemerintahan kota Tasikmalaya tepatnya . Kemudian Blog ini saya buat dan mulai beroperasi pada 21 Desember 2010. Tentang SAYA ~ Jadi masterpulsa Daftar GratisHIBURAN

Comments