Search This Blog



Misteri Kamar 308 (Kanjeng Ratu Kidul)





Misteri Kamar 308 (Kanjeng Ratu Kidul)
Bagi Anda yang senang dengan suasana pantai, sinar mentari dan desir ombak yang bergulung, berwisata ke pantai pastilah menyenangkan. Setiap pantai di tanah air memiliki keistimewaan masing-masing, entah karena pemandangannya yang indah atau karena mitos-mitos yang membuat orang tertarik untuk berkunjung kesana.


      Salah satu pantai yang sangat terkenal dengan mitosnya adalah Pantai Palabuhanratu yang terletak di pesisir Samudera Hindia, sekitar 60 kilometer dari kota Sukabumi, Jawa Barat. Pemandangan pantai ini sangat indah terlebih langitnya di saat matahari terbit dan terbenam. Namun ombaknya yang sangat kuat berbahaya bagi perenang, sehingga ada papan larangan yang ditancapkan disana untuk memperingatkan pengunjung agar tak bermain terlalu jauh ke laut.

      Daya tarik Pantai Palabuhanratu tak berhenti sampai keindahan pemandangannya saja. Banyak pengunjung yang datang kesana karena mitos yang beredar mengatakan pantai ini dikuasai oleh Ratu Pantai Selatan atau yang lebih dikenal sebagai Nyai Roro Kidul. Roro Kidul digambarkan sebagai wanita yang cantik bagai bidadari dan menyenangi warna hijau. Itulah sebabnya di Pantai Palabuhanratu ada larangan bagi pengunjung agar tidak memakai baju atau atribut warna apapun yang berwarna hijau.

      Bila pengunjung berkeras melanggar aturan itu, masyarakat setempat percaya ia akan ditarik ke laut untuk menjadi tentara atau pelayan sang ratu. Meskipun hal itu terdengar tak wajar dan tak masuk akal, nyatanya sudah beberapa kali pengunjung berbaju hijau hilang ditelan ombak.

      Mitos ini bukan sembarang mitos karena masyarakat setempat sangat mempercayai kehadiran sang ratu penguasa pantai sehingga mereka rutin memberikan persembahan atau sesajen kepadanya. Pada bulan April rutin diadakan ritual upacara Hari Nelayan yang dimaksudkan untuk menghormati sang ratu atas rejeki dan perlindungannya kepada para nelayan selama melaut.

      Nyai Roro Kidul sendiri memang dikenal dan sangat dihormati oleh masyarakat setempat. Bahkan banyak pendatang yang mengaku merasakan aura mistis Roro Kidul begitu menjejakkan kaki di Palabuhanratu. Terlepas dari benar tidaknya mitos itu, rasanya tak lengkap bila berkunjung ke Palabuhanratu tanpa benar-benar merasakan sendiri sensasi kehadiran Roro Kidul yang konon mendiami kamar 308 di Hotel Inna Samudera.



lihat lainnya





Artikel Kemarin
Next Post »
Thanks for your comment

Popular Posts