DONASI Untuk Membatu Pengembangan BLOG ini silahkan transfer ke:
Bank BRI Admin
No. 01000101 579 6535
Terima kasih kami ucapkan atas perhatian dan partisipasinya, semoga tuhan selalu memberkahi kita Kesehatan, Kebahagiaan serta Rejeki yang berlimpah.

Search This Blog

Abu Bakar Ash Shiddiq Radhiallahu’anhu



Abu Bakar Ash Shiddiq Radhiallahu’anhu adalah satu di antara empat khalifah yang diberi gelar Khulafaur Rasyidin atau khalifah yang diberi petunjuk. B eliau termasuk di antara mereka yang paling awal memeluk Islam. dan Setelah Nabi Muhammad SAW wafat maka Abu Bakar lah yang menjadi khalifah Islam yang pertama pada tahun 632 hingga tahun 634 M. Lahir dengan nama Abdullah bin ‘Utsman.


Beliau juga dijuluki Ash-Shiddiq karena beliau adalah seorang pertama yang membenarkan dan beriman kepada Nabi Muhammad  Shallallahu’alaihi Wasallam.

Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam telah menamai beliau dengan Ash Shiddiq sebagaimana diriwayatkan dalam Shahih Bukhari:

عن أنس بن مالك رضي الله عنه أن النبي صلى الله عليه وسلم صعد أُحداً وأبو بكر وعمر وعثمان ، فرجف بهم فقال : اثبت أُحد ، فإنما عليك نبي وصديق وشهيدان

“Dari Anas bin Malik Radhiallahu’anhu bahwa Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam menaiki gunung Uhud bersama Abu Bakar, Umar dan ‘Utsman. Gunung Uhud pun berguncang. Nabi lalu bersabda:‘Diamlah Uhud, di atasmu ada Nabi, Ash Shiddiq (yaitu Abu Bakr) dan dua orang Syuhada’ (‘Umar dan ‘Utsman)”

MASA KEKHALIFAHAN ABU BAKAR ASH-SHIDIQ  Radhiallahu’anhu

Abu Bakar  Radhiallahu’anhu menjadi khalifah selama dua tahun (632 – 634 M). dan sangat vBanyak kemajuan bagi umat Islam selama masa pemerintahannya yang begitu singkat itu, yaitu dapat memperluas daerah kekuasaan Islam sampai ke Persia, sebagian Jazirah Arab hingga daerah kekuasaan Bizantium. sangat Banyak tantangan yang dihadapi diawal pemerintahannya.

Didalam negeri suku-suku bangsa Arab tidak mau tunduk lagi kepada Pemerintahan Madinah sepeninggal Nabi SAW, karena mereka akan beranggapan bahwa perjanjian yang telah dibuat dengan Nabi Muhammad SAW, dan dengan sendirinya batal setelah Nabi SAW wafat. jadi Karena sikap keras kepala dan penentangan mereka dianggap dapat bisa membahayakan agama dan pemerintahan Islam, Abu Bakar Radhiallahu’anhu memerangi mereka sehingga terjadi perang Riddah yaitu perang melawan kemurtadan dimana yang ditunjuk sebagai panglimanya adalah Khalid ibn Al-Walid


.#Sahabat Nabi #khulafaur Rasyidin

Artikel Kemarin
Next Post »
Thanks for your comment

Komentar Terakhir