Manfaat Puasa Bagi Kesehatan


Pada saat bulan Ramadhan khususnya umat islam diharuskan untuk melaksanankan ibadah Puasa, sesuai dengan syariat Islam manfaat puasa sangat banyak bagi kesehatan tubuh pada bulan ramadhan yang lebih baik dari seribu bulan. Bulan Puasa yang sangat penuh barokah ini sangat dinantikan   oleh setiap muslim didunia dan menjadi wajib bagi umat islkam melaksanakannya.

Puasa ramadhan apabila dilakukan dengan niat ikhlasa dan kesungguhan hati akan memberikan manfaat yang luar biasa, manfaat ramadhan tidak hanya dapat dirasakan oleh hati dengan semakin bertambahnya keimanan dan kedekatan hubungan bathin dengan sang pencipta tatapi menyimpan banyak manfaat lain terutama bagi kesehatan tubuh, derngan menahan lapar dan haus di bulan ramadhan maka akan  mendapat beribu manfaat yang luar biasa dan memperoleh banyak pahala dikemudian hari
Baca Juga : Hal-hal yang membetalkan puasa
Pada sat berpuasa tubuh melakukan detoksifikasi atau pengeluaran zat racun dari dalam tubuh terlebih apabila berpuasa dibulan ramadhan yang dilakukan selama 1 bulan penuh tentu semakin banyak racun yang dikeluarkan dan membuat tubuh semakin sehat untuk mengetahui manfaat puasa ramadhan baca sebagai berikut :

1. Meningkatkan Fungsi kemampuan otak
Puasa dapat meningkatkan neurotropik yang diturunkan dari otak, yang membantu tubuh untuk memproduksi lebih banyak sel-sel otak, dan pada akhirnya dapat meningkatkan fungsi otak. Penurunan jumlah hormon kortisol pada saat berpuasa yang dihasilkan oleh kelenjar adrenal dapat membuat seseorang menurunkan tingkat stres seseorang.

2. Menurunkan kadar kolesterol dalam darah
Salah satu manfaat puasa yang banyak diketahui adalah dapat menurunkan berat badan. Namun ternyata tidak hanya itu, kadar kolesterol dalam darah juga ditemukan ikut menurun karena puasa. Seperti diketahui, kadar kolesterol yang rendah akan menjadikan tubuh sehat dan terhindar dari penyakit jantung maupun stroke

3. Menjaga kesehatan Jantung.
Tak dapat dipungkiri bagi kita pembaca , Sakit jantung adalah penyakit yang paling menakutkan serta mematikan. sehingga dengan berpuasa juga akan memberikan dampak yang sangat baik untuk kesehatan jantung. Saat berpuasa, tubuh kita akan melakukan peningkatan HDL dan penurunan LDL. Dan ini mengakibatkan efek yang baik untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah.

4. Proses Detoksifikasi.
Karena lemak tubuh terpakai maka sisa-sisa zat buangan atau racun yang terdapat dalam sel-sel lemak tubuh akan terurai dan terbuang dari tubuh.

5. Pikiran Lebih Tajam dan Kreatif.
Ketika sedang melakukan ibadah puasa, pikiran seseorang menjadi lebih tenang dan melambat. Pikiran yang melambat ternyata mampu meningkatkan konsentrasi dan membuatnya bekerja lebih tajam dan kreatif Hormon endorfin akan meningkat dalam tubuh. Hormon ini akan menimbulkan efek peningkatan ketajaman pikiran serta perasaan nyaman.

6. Mencegah Diabetes.
Diabetes disebabkan oleh tingginya kadar gula dan kolesterol yang terdapat dalam tubuh. Dengan berpuasa, konsumsi gula dan makanan yang berlemak akan dapat dikontrol yang tentu pada akhirnya bisa mencegah diabetes dan penyakit turunannya.

7. Penyerapan Nutrisi Lebih Baik
Ketika metabolisme dalam tubuh berjalan lancar, nutrisi makanan dapat terserap lebih baik oleh tubuh. Itu semua dapat terjadi saat sedang berpuasa.

8. Meningkatkan Kekebalan dalam Tubuh
Saat puasa, kadar limfosit dalam tubuh akan meningkat hingga 10 kali dari biasanya. Itu akan berpengaruh besar terhadap peningkatan kekebalan tubuh sehingga menghindarkan dari berbagai serangan virus yang mengganggu kesehatan.

Itulah sebagian manfaat puasa ramadhan untuk kesehatan tubuh. Sebagai umat muslim kita patut bersyukur telah diberi kesempatan untuk kembali menjalankan puasa ramadhan tahun ini dan merasakan manfaatnya yang besar terutama untuk kesehatan tubuh kita.

Manfaat Lain Berpuasa


Previous
Next Post »
Thanks for your comment