Search This Blog


Agar Kuat Berpuasa walaupun tidak sahur


Makan Sahur adalah aktifitas yang dilakukan sebelum anda berpuasa meskipun tidak wajib makan sahur sangatlah dianjurkan sebab asupan yang dikonsumsi saat makan sahur akan menjadi energi  saat kita melaksanakan puasa.

Terkadang orang melewatkan makan sahur karena berbagai alasan misalnya terlambat bangun, ketiduran ataupun alasan lainnya apalagi mereka yang sibuk pada malam harinya tentunya melewatkan makan sahur karena tidak sempat bangun Terus atau namun terkadang entah disengaja atau tidak kita melewatkan waktu makan sahur tersebut mungkin karena terlalu capai dan akhirnya kesiangan ataupun mungkin tidak berselera menyantap hidangan  sahur pada saat itu Baca Juga ❖Menu sahur untuk penderita MAAG walaupun demikian  Puasa tetap menjadi kewajiban  yang harus ditunaikan meskipun kita tidak makan sahur.
☛ Bagimana Puasanya ?
☛ Apakah puasa yang dijalaninya kuat karena tidak makan sahur?
➤TIPS KUAT BERPUASA SAT KITA TIDAK MAKAN SAHUR
  • Kuatkan niat
Niat yang kuat di dalam hati akan membawa dampak positif yang begitu besar. Yakinkan diri kita walaupun tidak makan sahur, kita akan dapat melewati hari berpuasa ini dengan kuat dan lancar. Niat yang kuat juga akan membantu diri kita siap menghadapi dan mengendalikan diri selam berpuasa meski kondisi tubuh kita sedang tidak terlalu fit akibat melewatkan makan sahur.
  • Ingatlah manfaat puasa
ari menjalankan ibadah puasa, maka lelah yang Anda rasakan saat itu bukan berarti apa-apa. Selain mengingat manfaatnya yang besar bagi kesehatan tubuh, ingat juga manfaatnya terhadap bertambahnya keimanan dan ketakwaan Anda kepada Tuhan. Dengan mengingat hal-hal tersebut, niscaya Anda akan lebih ikhlas dan menikmati hari-hari berpuasa tanpa keluh kesah karena melewatkan makan sahur.
  • Tunda kegiatan yang menguras tenaga
Pada hari itu, mungkin  Anda telah mempunyai rencana untuk melakukan kegiatan/aktifitas yang lumayan berat dan bisa menguras tenaga. Misalnya saja pekerjaan seperti merenovasi rumah, atau menata ulang kamar. Jika memang bisa ditunda, aktifitas-aktifitas tersebut bisa dilakukan lain hari karena Anda secara tidak sengaja melewatkan makan sahur. Lakukan kegiatan tersebut saat tubuh dan tenaga Anda sedang benar-benar fit. Namun jika kegiatan itu tidak bisa ditunda, lakukan dengan berhati-hati dan jangan melebihi kemampuan. Tenaga Anda harus dihemat, jangan sampai tidak kuat dan akhirnya berbuka sebelum waktunya. Saat mengingat manfaat yang bisa didapat ketika berpuasa penuh .
  • Menyibukkan diri
Hari-hari berpuasa akan terasa lebih lama jika dijalani tanpa kesibukan dan aktifitas yang berarti. Cara agar kuat berpuasa meskipun tidak sahur yang satu ini adalah Anda harus mencari berbagai kesibukan yang bisa dilakukan sembari menunggu waktunya berbuka puasa. Jika Anda tidak bekerja, jangan hanya menghabiskan waktu untuk tidur seharian atau bermalas-malasan karena lemas tidak makan sahur, lakukan aktifitas-aktifitas yang ringan namun bermanfaat seperti melakukan pekerjaan rumah, beres-beres, atau melakukan hobi yang positif. Akan lebih baik lagi jika menggunakan waktu yang ada untuk memperbanyak ibadah dan menolong orang lain. Menghabiskan waktu untuk tidur seharian hanya akan membuat tubuh semakin lemas dan tidak bertenaga.

Itulah diantaranya tips agar tetap kuat puasa meskipun tidak sahur. Semoga bermanfaat dan bisa menjadikan ibadah puasa yang sedang dijalani menjadi lebih khusyu dan semata hanya karena Allah Taala.

Tagg Label



Artikel Kemarin
Next Post »
Thanks for your comment