DONASI Untuk Membatu Pengembangan BLOG ini silahkan transfer ke:
Bank BRI Admin
No. 01000101 579 6535
Terima kasih kami ucapkan atas perhatian dan partisipasinya, semoga tuhan selalu memberkahi kita Kesehatan, Kebahagiaan serta Rejeki yang berlimpah.

Search This Blog

Mengatasi Anak Susah Makan




tak sedikit bunda merasa khawatir anak bayinya gak mau makan atau susah makan dan juga merasa khawatir terhadap kesehatan anak bayinya. Padahal makanan sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan otak anak bayi dimasa balita  jadi akan merasa khawatir kan Bunda? Jika jawabannya ya berarti anda termasuk dari sekian banyak orang tua yang sering mengeluhkan anak balitanya sulit makan.

Dalam melaksanakan aktivitas sehari hari makanan digunakan untuk pemenuhan kebutuhan gizi dan energi dan apabila kurang masukan makanan anak anak cenderung akan mudah terserang penyakit karena kekurangan gzi dan vitamin yang diperlukan oleh tubuh.

Mungkin sudah banyak cara dilakukan oleh ibu agar anak bayi kesayangan mau makan dengan lahap. banyak berbagai tips dan masukan mungkin sudah coba dilakukan agar anak bayinya suka makan, Tapi jangan salah dalam hal memberikan masukan makanan bagi anak bayinya tentunya akan menjadi tidak baik bagi kesehatan anak nya, bunda



ada 2 faktor penyabab nya:


1. Faktor fisik yakni terganggunya organ pencernaan anak atau bisa  karena infeksi dalam tubuh anak


2. Faktor psikis yakni berkaitan dengan psikologis anak seperti anak sedang sakit dipaksa makan, suasana ruang makan yang kurang menyenangkan atau merasa tertakan ketika anak mendapat hukuman dan sebagainya.




Kondisi anak susah makan ini sering dialami anak balitausia 1 s/d 5 tahun berbagai cara dilakukan orang tua  untuk Mengatasi Anak Bayi Susah Makan nah jika menemui hal diatas berikut ada tips mujarab Mengatasi Anak Bayi Susah Makan :


Baca Juga membuat MENDIDIK anak biar pintar
1. jika Anak bunda berusia diatas 6 bulan mulai berikan makanan pendamping Asi  seperti bubur, sari buah dan bertahap  ke tekstur makanan padat seperti nasi, makanan pendamping nya harus disesuaikan dengan umur anak jangan langsung diberikan makanan padat karena akan mengganggu pencernaannya


2. Jika amnda memilih makanan anak nya berupa bubur instan yang saat ini banyak beredar dipasar  perhatikan sama bunda label yang ada dikemasan dan sesuaikan label bagi anak nya biasanya tersedia bubur balita bagi anak usia 6 sampaidengan 24 bulan  dengan berbagai rasa, dan bunda bisa menyesuaikan dengan variant berbagai rasa  sehinggan anak tidak merasa bosan saat makan


3. Untuk anak diatas usia 2 tahun  bunda harus variasikan menu lauk pauknya. Buat pilihan menu makanan dan biarkan agar anak nya memilih makanan favoritnya jangan lupa sedikan buah-buahan atau puding sebagai penutup


4. Atur waktu makan anak sehingga dia bisa makan sesuai dengan waktunya


5. Jika anda senang memberi cemilan, berikan jauh sebelum anak nya  sebelum waktu makan tiba.  Berikan makanan sehat seperti buah-buahan yang dipotong menyerupai dadu, agar-agar, sayuran seperti wortel yang telah dikukus, timun, yoghurt dan cake buatan sendiri, hindari pemberian makanan cemilan berupa cokelat, peremen yang banyak mengandung penyedap rasa (MSG)  karena itu dapat mengurangi napsu makan anak bunda.


6. ketika anda sedang mempersiapkan menu makanan bagi anak anda beri pujian agar anak merasa senang dan bersemangat makan.


7. jangan memaksa, mengancam apalagi menakut-nakuti anak agar makan karena hal ni akan menimbulkan trauma psikoligis. Bujuk anak anda lemah lembut dan sabar agar ia mau makan.


8. Sajikan makan dalam porsi kecil dulu, jangan memaksa anak menghabiskan makan dengan porsi berlebihan karena lambung nya belum mampu menampung makanan terlalu banyak  jadi berikan ia makanan sedikit demi sedikit  agar tidak bisan dan menikmati menu makanannya. Jika anak bunda senang tentu ia akan minta lagi setelah porsi yang dihadapannya habis.


9. Ketika waktu makan tiba, matikan televisinya jauhkan mainan maina  dari atas meja makan atau mainan lainnya yang bisa mengganggu konsentrasi makan anak nya.


10. ketika makan sedang berlangsung tetaplah berkomunikasi yang baik dengan anaknya bunda, sehingga  akan merasa menyenangkan baginya.


11. Atur pemberian minum saat makan dan jangan terlalu banyak minum karena membuat anak akan merasa cepat kenyang dan akan malas menghabisakan makanan nya.

12. Anda perlu untuk memberikan multivitamin  atau suplemen penambah napsu makan  yang banyak dijual


13. Apabila anak anda tetap susah makan  atau terindikasi kurang gizi  sebaiknya konsultasikan ke Dokter atau ahli gizi.

Itulah tips kali ini mengenai bagaimana cara mengatasi anak yang susah makan. Semoga tips ini bisa membantu para orang tua.

Lihat Artikel Terkait lainnya
Mengatasi Anak Susah MakanCara Mendidik Anak Agar Menjadi Anak Yang PintarCara Memasang Widget Alexa terbaru 2017Cara Mendownload Youtube Dalam Format MP3Cara membuka Smartphone yang lupa sandi atau kata kunci [Larangan Google Adsense] Baca Jika Tidak Ingin Di-Banned! | DONLOT eBook As3m bang3t - E4rning m3limpah- Dapatkan Penghasilan OnlineLihat Tips Lainnya

Tagg Label #ANAK

Artikel Kemarin
Next Post »

2 komentar

Click here for komentar
Andi Jurnal
admin
2 July 2017 at 01:30 ×

Saya kebetulan punya dua anak yang satu 3 Tahun dan satunya lagi 2 Tahun, Biasanya kalau habis sakit itu susah makan, dan biasanya Istri saya gak terlalu ngebet maksain, hanya dikasih buah2an biar di makan sendiri, hingga nafsu makannya kembali normal, tapi kalau yang 2 Tahun sih, karena masih Asi jadi gak terlalu khawatir soal makan, karena masih bisa suport ASI.

Reply
avatar
mimi Maria
admin
2 July 2017 at 01:37 ×

kalo yang masih meny sui gak perlu khawatir karena asalkan suport makanan penuh vitamin dan gizi si ibu yang di perhatikan, juga dalam asi ada anti body yang berfungsi sebagai obat penyembuh bagi anak yang paling manjur, kecuali yang sudah lebih dari 2 tahun

artinya kalo dia sudah mendapatkan makanan pendamping asi, itu dikasih buah buahan bagus juga apalagi mengandung vitamin.
makasih telah berkunjung aa andi

Reply
avatar
Thanks for your comment

Komentar Terakhir