AddToAny

Skip to main content
,
Nonton ONLINE




 sitemap blog☕


pengertian Kabel Unshielded Twisted Pair ( UTP )

Kabel Unshielded Twisted Pair ( UTP ) merupakan sepasang kabel yang di twist/dililit  satu sama lain dengan tujuan untuk mengurai interferensi listrik yang dapat terdiri dari dua, empat atau lebih pasangan kabel (umumnya yang dipakai dalam jaringan komputer terdiri dari 4 pasang kabel / 8 kabel . UTP dapat mempunyai jarak yang pendek yaitu maximum 100m. Per segmen dari kabel lan ini adalah 100meter saja, jika lebih panjang dari 100 meter maka anda tidak bisa menjamin tingginya tingkat attenuasi.


Sobat harus terbiasa dengan baik untuk bisa mengidentifikasi cabling ini dengan memeriksa pin-2nya . Sebenarnya ada dua macam standard yaitu :
  1. T568-A adalah kabel lan UTP jenis straight through, kedua ujung penempatan kabel pada pin-2 konektor RJ-45 adalah sama.
  2. T568-B adalah kabel lan UTP jenis cross-over. Sobat bisa perhatikan dengan seksama pada kabel cross-ever ini, pasangan pin 2 dan 6 dan pasangan pin 1 dan 3 bertukar tempat .
  

Gambar standard kabel UTP T568-A dan T568-B

Menghubungkan piranti

Aturan main dari pemakaian kabel ini adalah sebagai berikut, jika untuk menghubungkan dua jenis piranti yang berbeda, gunakan kabel lan UTP straight-through. Sementara jika sobat menghubungkan dua piranti yang sejenis gunakan kabel lan cross-over.


Penggunaan cross atau straight UTP cable ke piramti jaringan Kabel UTP (Unshielded Twisted Pair) juga memiliki kelebihan serta kekurangan loh sobat antara lain :



Kelebihan :
a. Murah 
b. Mudah diinstalasi
c. Ukurannya kecil


Kekurangan :
a. Rentan terhadap  interferensi gelombang elektromagnetik
b. Jarak jangkauannya hanya 100m.


Sekian Artikel mengenai PengertianTentang Kabel UTP

Situs Free Download Software Terkomplit dan Terupdate. Berbagai macam Tutorial Blog, SEO, Hacking, Tweaking, tips dan trik seputar komputer, Berita teknologi terkini.
menghabiskan banyak waktu dan pikiran tetapi dapat menghasilkan sesuai yang diinginkan. Interaksi dengan komputer dalam bermain dan bereksplorasi, serta dilakukan dengan sungguh-sungguh dengan ketelitian yang sangatlah tinggi. Lengkapku
Admin

Comments