Search This Blog



Menu Sahur untuk Penderita Maag


Menu Makan Sahur Untuk penderita maag harus diperhatikan sebab orang yang terkena penyakit maag tidak boleh mengkonsumsi sembarang makanan, Terutama jenis makanan yang memicu naiknya asam lambung artinya cara berpuasa orang penderita maag berbeda dengan yang biasa terutama menu makanan pada saat sahur dan buka puasa tentu bertujuan untuk  mencegah sakit maag kambuh saat berpuasa dan berakibat semakin parah

Pengetahuan ini santa penting bagi penderita maag agar bisa menjalankan ibadah puasa dengan nyaman dengan makanan yang tepat sat sahur dan berbuka penderita maag diharapkan memiliki kondisi tubuh yang  bugar dan sehat selama berpuasa terlebih untuk makan sahur, sebab makan sahur adalah kunci  energi yang bisa didapat untuk melakukan aktivitas
Tips Makan sahur yang dianjurkan

  1. Minum air putih secara berkala jangan di sekaliguskan untuk mencegak perut kembung
  2. Jika diperlukan minum obat maag agar  sakit maag tidak kambuh selama berpuasa
  3. Makanlah makanan tinggi serat  yang tidak mengandung gas seperti buah segar dan sayuran, makanan tinggi serat akan lebih mudah dicerna sehingga tidak membebani sistem pencernaan.
  4. Konsumsi buah kurma sebab kurma adalah buah yang sangat baik dan kandungan gulanya kompleks kaya serat, kabohidrat, kalium, magnesium, vitamin dan banyak mineral lainnya/
  5. Konsumsi kacang almond karena mengandung serat yang sangat berguna bagi tubuh.
Makanan yang harus dihindari saat makan sahur bagi penderita maag

  1. Makanan serta minuman yang banyak mengandung kafein dan dapat merangsang keluarnya asam lambung seperti teh, kopi, minuman beralkohol susu full cream
  2. Makan makanan yang banyak mengandung gas  contohnya kol sawi, pisang ambon,  kedongdong dan minuman bersoda.
  3. Makanan berkadar lemak tinggi dan sulit dicerna yang dapat melambatkan aktivitas  pengosongan lambung yang berakibat  memicu peningkatan produksi asam lambung contohnya : Gorengan,cokelat,kue tart, dan keju. Tubuh akan bekerja lebih keras untuk mengolah lemak menjadi energi  yang berakibat tubuh mudah lelah.
  4. Beberapa jenis makanan yang mengandung karbohidrat yang perlu dihindari seseorang yang menderita maag. Seperti misalnya jagung, ubi singkong, beras ketan, talas, mi bihun, dan yang lainnya.
  5. mengunyah permen karet serta merokok kedua hal ini bisa meningkatkan resiko  penyakit maag kambuh pada saat berpuasa.
  6. Beberapa makanan sumber kabohidrat yang harus dihindari penderita maag yaitu : beras keta, mie bihun, jagung, talas, ubi, singkong dan dodol.
Gejala sakit maag bisa timbul saat berpuasa namun dengan menerapkan pola hidup sehat serta  mengikuti saran diharapkan resiko  sakit maag yang dialami berkurang. dan menjalankan kewajiban berpuasa dengan tubuh yang sehat dan prima.
Manfaat Lain Berpuasa


Tagg Label



Artikel Kemarin
Next Post »
Thanks for your comment

Popular Posts