5 Doa untuk Orang Sakit yang sesuai Hadist Rasululloh

dari Fikihmenjawab.net
Seperti yang kita ketahui bahwa kita tidak akan pernah luput dari apa yang namanya maut, begitu pula sebelum maut datang kita akan diuji dengan berbagai penyakit baik itu penyakit ringan ataupun berat. Adapun disebutkan bahwa penyakit itu sendiri datang kepada seseorang  untuk menggugurkan sebagian dosa yang ia lakukan

Kalau ada teman kita yang sakit dalam islam kita diajarkan untuk saling menyayangi antar sesama umat manusia  ikatan yang terjalin harus di pupuk dan ketika ada teman, saudara kita yang sakit kita turut menjenguknya agar dia terus semangat dalam melawan penyakitnya itu dan adapun islam mengajarkan ada beberapa adab untuk menjenguk orang sakit agar diberi kesembuhan

Oleh karena itu saat penyakit datang dalam diri kita bisa jadi Allah masih sayang dengan dirinya dan masih mengujiNya yang harus kita lakukan saat ini adalah berikhtiar dan berusaha  untuk lebih banyak istirahan dan makan obat, selain itu yang tak kalah penting adalah berdoa

Sepenggal hadits dari Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh imam Muslim dari Jabir bin Abdillah dia berkata bahwa nabi bersabda :


Artinya : “Setiap penyakit pasti memiliki obat. Bila sebuah obat sesuai dengan penyakitnya maka dia akan sembuh dengan seizin allah subhanahu wa ta’ala.” (HR. Muslim)


1. Doa untuk Orang Sakit Contoh 1

Yang Berdasarkan riwayat HR. Bukhari dan Muslim, diketahui bahwa Aisyah R.A. pernah berkata bahwa Rasululloh SAW suatu ketika Pernah didatangi oleh seseorang yang katanya mengeluh sakit. Lalu Beliau kemudian meletakkan jari telunjuknya ke tanah, kemudian beliau meludahinya sedikit, dan terus mengusapkan jari telunjuknya itu pada bagian tubuh orang yang sakit tadi sembari melafalkan doa untuk orang sakit berikut ini:
Latinnya : “Bismillahi Turbatu Ardlina Biriqoti Ba'dlina Yusyfa Saqimuna Bi'idzni Robbina”.
Artinya : “Dengan nama Allah tanah kami dengan ludah setengah dari kami, semoga disembuhkan orang sakit ini dengan izin Allah”.

2. Doa untuk Orang Sakit Contoh 2 

Dalam riwayat HR. Bukhari dan Muslim lainnya, Aisyah R.A. diketahui juga pernah berkata bahwa Rosululloh SAW suatu ketika berziarah pada seorang keluarganya yang tengah sakit keras. Beliau kemudian mengusapkan tangan kanannya pada kepala si sakit Sembari membaca doa untuk orang sakit berikut ini :

Doa untuk Orang Sakit supaya cepat sembuh
Latinnya : “Allahumma Robbannas, Adz-Hibil Ba'sa Isyfi Antasy-Syafi La Syifa'a Illa Syifa'uka Syifa'an La Yughadiru Saqoman.”
Artinya : “Ya Allah Tuhan dari semua manusia, hilangkan segala penyakit, sembuhkanlah, hanya Engkau yang dapat menyembuhkan, tiada kesembuhan kecuali dari padaMu, sembuh yang tidak dihinggapi penyakit lagi.”

3. Doa untuk Orang Sakit Contoh 3


Dalam HR. Abu Dawud, Attirmidzy, dan Alhakim juga disebutkan bahwa Ibnu Abbas R.A. pernah mendengar Rasulullah bersabda bahwa barang siapa menjenguk orang sakit sebelum tiba ajal baginya, bacakanlah doa ini sebanyak 7 kali sehingga Alloh menyembuhkan ia dari penyakitnya itu. Doa untuk orang sakit yang dimaksud dalam hadist ini adalah:
Latinnya : “Asalullahal adhim, robbal arsyil adhim an-yasyfiyaka.”
Artinya : “Aku mohon kepada Allah yang Maha Agung. Tuhan yang mempunyai arasy yang besar, semoga Allah menyembuhkan engkau”.

4. Doa untuk Orang Sakit Contoh 4

Selain dari apa yang tercantum dalam hadist terkait dengan doa bagi seorang yang menjenguk, Rosululloh juga mencontohkan bagaimana seorang yang sakit untuk berdoa demi kesembuhan dirinya sendiri dengan cara meletakan tangan kanannya di bagian tubuh yang sakit sembari berdoa dengan lafal berikut:

Doa untuk Orang Sakit
Latinnya : “Bismillah A'uudzu Bi 'Izzatillahi Wa Qudratihi Min Syarri Maa Ajidu Wa Uhaadziru”.
Artinya: “Dengan menyebut nama Allah, aku berlindung dengan keperkasaan Allah dan kekuasaan-Nya, dari kejelekan yang aku rasakan dan yang aku khawatirkan”.

5. Doa untuk Orang Sakit Parah

Jika Anda menjenguk orang yang sudah sakit parah, sehingga dokter berpendapat bahwa ia sudah sulit untuk disembuhkan lagi, Anda sebaiknya mendoakan orang sakit itu dengan doa berikut:

Doa untuk Orang Sakit menurut agama Islam
Artinya: “Ya Allah hidupkanlah aku apabila itu lebih baik bagiku. Dan matikanlah aku apabila kematian itu lebih baik bagiku.”

Nah, itulah beberapa doa untuk orang sakit yang bisa menjadi bekal Anda ketika menjenguk sanak saudara yang tengah sakit. Semoga orang yang Anda jenguk bisa lekas sembuh setelah Anda mendoakannya. Amin.



Layanan Customer Service (CS) selalu hadir 365 Hari, Jam 6:30WIB-23:30WIB
-Hanya di sini ( Adrian Cellular ), menghadirkan layanan CS kelas atas-
-CS selalu siap melayani TANPA mengenal hari libur-

Previous
Next Post »

2 komentar

Click here for komentar
13 February 2017 at 06:46 ×

Wah bermanfaat babget nih,makasih gan

Reply
avatar
mimi bohay
admin
16 February 2017 at 03:16 ×

iya alhamdulilah,, makasih juga telah mampir

Reply
avatar
Thanks for your comment