AddToAny

Skip to main content
,
Nonton ONLINE




 sitemap blog☕


MENU UTAMA : Fadilah Amal Adab-adab Ta'lim Wa Ta'allum



Taklim wata'lum adalah amalan yang sangat penting untuk dihidupkan, baik di masjid bersama jamaah maupun dirumah bersama anggota keluarga. Hal ini disebabkan karena taklim wa ta'lum adalah salah satu amalan yang hidup di masjid Nabawi.

Maksud Taklim wata'lum adalah untuk meningkatkan semangat (jazbah) beramal, karena dibacakan firman-firman Allah SWT. dan sabda-sabda Rasulullah SAW. yang membicarakan tentang keutamaan mengerjakan suatu amalan dan ancaman jika meninggalkannya.

Fadhilah (keutamaan/manfaat) taklim wa ta'lum adalah :
  1. Mendapatkan sakinah (ketenangan jiwa)
  2. Dicucuri Rahmat oleh Allah SWT
  3. Dikerumuni para malaikat
  4. Dibangga-banggakan oleh Allah SWT. dihadapan majelis para malaikat
Dalam sebuah hadist disebutkan :

Dari Abu Hurairah r.a, bahwa Rasulullah SAW. Bersabda, "Tidak berkumpul suatu kaum dalam satu rumah-rumah Allah, mereka membaca kitab Allah, saling mengajarkannya sesama mereka, kecuali diturunkan kepada mereka sakinah, rahmat menyirami mereka, para malaikat akan mengerummuni mereka, dan Allah akan menyebut-nyebut mereka di kalangan malaikat yang ada di sisi-Nya." (Muslim, Abu Dawud)

Adab-adab taklim wa ta'lum adalah :
Adab lahiriyah :
  1. Berwudhu
  2. Duduk iftirasy (duduk tahiyat awal)
  3. Memakai wangi-wangian
  4. Duduk rapat-rapat
 Adab Batiniyiyah
  1. Ta'zhim wal ihtiram (menganggumkan dan memuliakan)
  2. Tashdiq wal-yaqin (membenarkan dan menyakini)
  3.  Ta'atsur fil-qalbi (mengesankan dalam hati)
  4. Niyatul-amal wa tabligh (berniat mengamalkan dan menyampaikan) 
Adab lainnya yaitu hati tawajuh dan tawadhu' kepada Allah SWT. Jikat kita mendengar firman Allah SWT. dan hadist Rasulullah SAW. seakan-akan Allah SWT. sendiri atau Rasulullah SAW. sendiri yang sedang berbicara kepada kita.

Apabila nama Allah disebut, maka kita ucapkan Subhanallahwata'ala atau 'Aza wa Jalla. Apabila nama Rasulullah disebut maka kita ucapkan Shalallahu'alaihi wa sallam, dan bila nama sahabat disebut kita ucapkan Radhiyallahu'anhu untuk laki-laki dan Radhiyallahu'anha untuk wanita. Jika nama Nabi atau Malaikat disebut maka kita ucapkan 'alaihissalam.

Ucapan-ucapan tersebut diucapkan secara sirri. Pada akhir taklim para mustami' diajak untuk mengamalkan dan menyampaikan apa yang telah didengar kepada orang lain. Selanjutnya majelis dengan doa kifarah majelis:

"Maha Suci Engkau ya Allah, segala puji bagi Engkau, saya bersaksi bahwa tiada tuhan selain Engkau, saya mohon ampun dan bertaubat kepada-Mu."

Daftar Isi
BAB 1
             Kepentingan Shalat
 2 Ancaman dan Celaan Bagi Orang Yang Meninggalkan Shalat

BAB 2
SHALAT Berjamaah

BAB 3 Khusyu dan Khudhu dalam Shalat
1 Beberapa ayat alQuran tentang Shalat
2 Kisah Kehidupan Orang Orang Wara
3 Beberapa Kutipan Hadits
4 Beberapa Hal yang dianjurkan ketika mendirikan Shalat
5 Makna Lafazh-Lafazh dalam Shalat
6 Beberapa Contoh Shalat Para Sahabat, Tabiin dan Ahli Sufi
7 Permohonan Terakhir 

Puasa Ramadan merupakan puasa yang dilaksanakan pada bulan Ramadan yang jumlah harinya antara 29 dan 30 hari dalam puasa.Daftar Isi Talim Wataalum ... KEUTAMAAN SHALAT__Belajar YU .. Tentang saya

Comments