DONASI Untuk Membatu Pengembangan BLOG ini silahkan transfer ke:
Bank BRI Admin
No. 01000101 579 6535
Terima kasih kami ucapkan atas perhatian dan partisipasinya, semoga tuhan selalu memberkahi kita Kesehatan, Kebahagiaan serta Rejeki yang berlimpah.

Search This Blog

suamiku Ziarah Makam Walisongo : Sunan Kalijaga atau kalijogo


Ziarah adalah salah satu praktik setiap umat beragama yang memiliki makna moral yang pentimg, kadang kadang jiarah ini dilakukan ketempat tempat yang suci  dan penting bagi keyakinan dan iman seseorang yang bertujuan meneguhkan iman mengingat kembali  atau mensucikan diri

Kata Ziara adalah serapan dari bahasa arab Jika kita membuka kamus bahasa Arab, kata ziarah berasal dari kata kerja ( fi’il ) زار – يزور yang memiliki makna berkunjung. Sedangkan kata ziarah adalah bentuk masdar dari fi’il زار yaitu زيارةَ maka bisa kita simpulkan bahwa ziarah yang diartikan mengunjungi pekuburan sehingga memiliki makna yang umum yaitu berkunjung masuk pada kata ziarah, jika kita artikan dalam makna yang khusus kita harus menambahkan kata penghususan contoh ziarah kubur maka artinya ziarah tersebut adalah mengunjungi kuburan.

maka tiba kali ini suami aku  +I GDE RISKI MURDHAKA SIP Pengurus Barang Daerah  berziarah ke Sunan Kalijaga kadilangu demak

dan makamnya merupakan hal yang teramat istimewa

Ketika masuk kadilangu membawa kami ke halaman mesjid sunan kalijaga disisi timur makam sedangkan depan mesjid yang bergaya jawa area parkirnya sangat kecil  dan lorong beratap rapi sekitar panjang 90 m itu menuju makam sunan kalijaga kadilangu pas ke samping mesjid. tapi bila anda masuk dari gerbang selatan anda bisa menjumpai tempat banyak kios dan parkiran disepanjang jalan menuju komplek pemakaman dan tentunya tempat parkiran tersebut diantara rumah rumah penduduk dan kios berjualan berbagai souvenir dan aneka makanan dan minuman.

Untuk perjalanan dari kudus kadilangu demak sekitar 25 km
Setelah masuk komplek gerbang makam sunan kalijaga anda akan jumpai banyak tempat untuk menaruh sendal dan sepatu
atau anda bisa membawa sandal dan sepatu anda masuk kedalam dan tentunya dibungkus plastik dan ditaruh dalam tas  dan disana anda temukan banyak penjual plastik untuk keperluan tersebut

Masuk kedalam kompleks pemakaman anda akan temukan kiri dan kanan banyak sekali makam yang ada namanya ataupun tidak ada namanya ada juga disana makam makam orang penting  dan ada juga murid sunan kalijaga, Biasanya sebelum masuk ketua rombongan harus melapor  dan harus konfirmasi ke petugas yang berjaga di komplek makan itu dan ketika masuk ke komplek utama anda akan langsung melihat makam sunan kalijaga bangunan tersebut terlihat beberapa jendela di pelataran luar bangunan  terdapat banyak makam dimana para peziarah bisa berdoa  komplek makam didalam cukup luas sehingga dapat menampung banyak peziarah.

Beberapa peziarah ada yang tampak khusuk berdoa duduk bersila membacakan dzikir dan ayat suci didekat dinding cungkup sunan kalijaga  pilar cungkup dilapisi keramik dinding pilar dihiasi ukiran dan kaligrafi jendela ukirnya dilapisi teralis besi untuk pengaman.
Dan rombongan yang masuk harus mendapatkan ijin petugas tidak boleh berisik dan tidak boleh mengambil foto  dan setelah berdoa anda bisa mengambil minuman dari gentong  peninggalan sunan kalijaga yang terdapat disebelah utara dan anda dapat meminta air untuk dibawa pulang kedalam wadah botol air kemasan.

Setelah Berdoa anda keluar dijalur yang sama disana akan ditemukan banyak kios  berjualan baju, makanan khas, souvenir, minuman dan pernak pernik untuk oleh oleh.
Dari cerita atau keyakinan masyarakat kadilangu  dulunya mesjid kalijaga adalah sebuah langgar atau mushola yang dibuat oleh sunan kalijaga sebelum mendirikan mesjid agung demak tetapi tidak diketahui tanggal dan tahunnya namun dari prasasti yang disimpan dimesjid mesjid sunan kalijaga direnovasi sunan kalijaga pada tahun  1564 m oleh pangeran wijil sebagai penerus sunan kalijaga dikadilangu dan sekitarnya mesjid ini menjadi luas dan beberapa kali renovasi mengingat jumlah pengunjung semakin banyak.

Jika anda ingin membeli oleh oleh jangan lupa membeli batik khas kadilangu karena sejak awal tahun 2011 masyarakat kadilangu. motif batik terinspirasi oleh makanan khas  jaman sunan yaitu chaos dhahar atau ada juga motif lore gendhing dan cening


Kalijaga atau kalijogo
Ketika masuk kadilangu membawa kami ke halaman mesjid sunan kalijaga disisi timur makam sedangkan depan mesjid yang bergaya jawa area parkirnya sangat kecil dan lorong beratap rapi sekitar panjang 90 m itu menuju makam sunan kalijaga kadilangu pas ke samping mesjid


Sunan Kalijaga

Artikel Kemarin
Next Post »
Thanks for your comment

Komentar Terakhir