Friday, 21 November 2025

Starategi Membangun Merk Media Sosial Friday, 21 November 2025

 


PENDAHULUAN

Strategi media sosial adalah rencana yang dirancang untuk mencapai tujuan bisnis melalui penggunaan berbagai platform media sosial. Ini mencakup identifikasi audiens target, penetapan tujuan, pemilihan platform yang tepat, pengembangan konten yang menarik, dan monitoring serta evaluasi hasil untuk meningkatkan keterlibatan dan mencapai hasil yang diinginkan


Starategi Membangun Merk Media Sosial

Taktik Membangun Merek di Media Sosial

  1. Identifikasi Segmentasi, Target dan Posisi dari sebuah merek terhadap audiens
  2. Pemilihan platform yang tepat untuk target audience
  3. Mengembangkan konten yang menarik serta monitoring terhadap responnya.


Pentingnya Membangun Merek di Media Sosial

  • Meningkatkan Kesadaran Merek
  •  Interaksi dan Keterlibatan Audiens
  • Meningkatkan Loyalitas Pelanggan
  • Umpan Balik dan Riset Pasar
  •  Meningkatkan Visibilitas dan SEO
  • Fleksibilitas dan Responsif terhadap Perubahan
  • Promosi Produk dan Kampanye Pemasaran yang Efektif
  • Membangun Citra Merek yang Positif
  • Kolaborasi dengan Key Opinion Leader
  • Meningkatkan Penjualan
Segmentasi, Target dan Posisi sebuah Merek (STP)
Segmentasi adalah proses membagi pasar yang luas menjadi kelompok-kelompok yang lebih kecil, yang memiliki karakteristik, kebutuhan, atau perilaku yang serupa. Segmentasi dapat dilakukan berdasarkan berbagai faktor, seperti demografi, geografi, psikografi, dan perilaku.
Contoh:
Demografi: Adidas membagi pasarnya berdasarkan usia, seperti remaja, dewasa muda, dan orang dewasa.
Geografi: Adidas menargetkan konsumen yang tinggal di daerah tropis dengan produk yang berbahan sejuk dan model yang lebih tipis




Segmentasi, Target dan Posisi sebuah Merek (STP)
Targeting adalah memilih segmen pasar yang akan menjadi target. Ini melibatkan analisis segmen yang telah diidentifikasi untuk menetapkan segmen mana yang paling sesuai dengan tujuan dan kapasitas bisnis.

Contoh:
Emirates memilih untuk menargetkan segmen Business Class nya para business person yang sering bepergian dengan rute internasional 

daripada audiens yang berwisata dengan tujuan kesenangan atau liburan










Segmentasi, Target dan Posisi sebuah Merek(STP)
Posisi merek adalah cara merek ingin dipersepsikan oleh konsumen di pasar. Ini melibatkan pengembangan proposisi nilai yang jelas dan unik yang membedakan merek dari pesaingnya dalam benak konsumen.

Contoh:
Merek mobil mewah seperti Mercedes-Benz memposisikan dirinya sebagai simbol status dan kualitas tinggi. Mereka menekankan inovasi, desain yang elegan, dan pengalaman berkendara premium dalam semua strategi pemasarannya untuk menghasilkan citra merek yang mewah












No comments :

Tulis komentar...