AddToAny

Skip to main content
,
Nonton ONLINE




 sitemap blog☕


Doa Shalat Tahajjud


hai sahabat mia Maryati



Shalat Tahajud
Shalat tahajut adalah salat Sunat yang dikerjakan pada waktu malam, sedikitnya dua rakaat dan sebanyak banyaknya tidak terbatas. Waktunya sesudah shalat isya sampai terbit fajar. Shalat diwaktu malam hanya dapat disebut shalat tahajud dengan syarat apabila dilakukan sesudah bangun dari tidur malam, sekalipun tidur itu hanya sebentar. Jadi apabila dikerjakan tanpa tidur sebelumnya, maka ini bukan shalat tahajud, tetapi shalat sunnah saja seperti witir dan sebagainya.


Kalau sudah diketahui waktu melakukan ibadah ini dari waktu isya sampai waktu shubuh sedangkan sepanjang malam ini ada saat waktu yang utama, lebih utama dan paling utama, maka waktu malam yang panjang itu dapat kita bagi menjadi 3 bagian :
  • 1.       Sepertiga pertama, yaitu kira kira dari jam sembilan belas sampai dengan jam 22, ini saat utama;
  • 2.       Sepertiga kedua yaitu kira kira dari jam 22 sampai dengan jam satu, ini saat yang lebih  utama dan
  • 3.       Sepertiga ketiga yaitu kira kira dari jam satu sampai dengan waktunya waktu shubuh, ini adalah saat yang paling utama.


Demikianlah menurut hadits Rasulullah SAW yang berbunyi :

Yanjilu Rabbuna Illa Samaa – id dun ya hiina yabqaa tsulutsul lailil akhiri, fayaqulu Hal min daa’in faastajiibu lahu, hal min saa ilihin fa athiyahu, hal min mustaghfirin fa agh firu lahu, hattaa yathlu ‘al fairu
Artinya :
Perintah Allah turun ke langit dunya diwaktu tinggal sepertiga yang akhir dari waktu malam, lalu berseru : adakah orang yang memohon (berdoa), pasti akan kukabulkan, adakah orang yang meminta, pasti akan kuberi dan adakah orang yang mengharap / memohon ampunan pasti akan ku ampuni baginya. Sampai tiba waktu shubuh.

Lafazh niatnya sebagai berikut :
Ushalli Sunnatat Tahajjudi Rak’ataini lillahi ta’alaa . Allahu Akbar
Artinya :
Aku niat shalat Tahajjud dua Raka’at karena Allah ta’ala Allahu Akbar

Fadlilahnya/ keistimewaannya :
Shalat tahajjud yakni shalat malam itu sangat dianjurkan, sebagaimana firman Allah Sebagai berikut :
Wamilallaili Fatahajjad Bihi Naafilatan Laka “asaa an Yab Atsaka Rabbuka Maqaman mahmuudaa
Artinya :
“Hendaknya engkau gunakan sebagian waktu malam itu untuk shalat tahajjud, sebagai sunnat untuk dirimu, mudah mudahan Tuhan akan membangkitkan engkau dengan kedudukan yang baik” (S. Bani Israil Ayat : 79 )
Do’a Tahhajud :
Do’a do’a yang dibaca waktu melaksanakan Sembahyang Tahajjud atau sesudahnya sebaiknya dari ayat-ayat Alquran seperti :

Rabbanaa Aatinaa Fid dun yahasanatan wafil Aakhirati hasanatan, Waqinaa Adzaaban naari
Artinya :
“Yaa Allah tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan hindarkan lah kami dari siksa api neraka”

Dalam hadits Bukhari dinyatakan, bahwa Rasulullah Saw jika bangun dari tidur ditengah malam, terus bertahajjud dan membaca Do’a sebagai berikut :

Allahumma lakal hamdu Anta Qayyimus samaawaati wal aardli waman fiihina walakal hamdu laka mulkus samaawaati wal ardli waman fiihina, walakal hamdu nuurus samaawaati wal ardli walakal Hamdu Antal Haqqu wawadukal Haqqu waliqaa uka haqqun, Waqauluka Haqqun, Wal jannatu haqqun, Wannaru Haqqun, Wannabiyyuna Haqqun, Wa Muhammadun Shallallaahu’alaihii Wasalama Haqqun, Wassaa ’atu Haqqun.
Allohumma Lakka aslamtu, Wabika amaatu, wa’alaika tawakkaltu, wailaika anabtu, wabika khoshamtu, wailaika haakamtu, faghfirlii maa qaddamtu, wamaa akhkhartu wamaa asrartu wamaa a’lantu, antal muqaddimu wa antal muakhiru, laa ilaaha illa anta, au laa ilaaha ghairuka walaa haula walaa quwwata illa billaahi.
Artinya :

Ya Allah, bagiMu segala puji, engkaulah penegak langit dan bumi

web : http://kecamatandankota.blogspot.com/2015/08/doa-shalat-tahajjud.htmlShalat Tahajud----------------------Shalat...
Posted by Informasi Tekhnologi on 15 Agustus 2015


Comments