Search This Blog



Lawang Sewu: Tempat Terseram Kedua di Asia


Dari : http://life.viva.co.id/news/read/455545-lawang-sewu--tempat-terseram-kedua-di-asia

Lawang Sewu: Tempat Terseram Kedua di Asia
Di tengah kota Semarang, Jawa Tengah, ada sebuah bangunan kuno yang berdiri gagah. Ia bersanding dengan gedung-gedung modern di sekitarnya. Bangunan itu bertahan di tengah gempuran zaman. Lawang Sewu, nama bangunan itu.

Dalam bahasa Jawa, nama itu berarti Seribu Pintu. Lawang Sewu diambil dari karakteristik bangunan yang unik. Ia memiliki begitu banyak pintu dan jendela yang tinggi. Entah berapa jumlahnya. Masyarakat kemudian menggenapkannya menjadi seribu.

Pada 27 Februari 1904, Lawang Sewu dibangun oleh pemerintah kolonial Belanda. Fungsinya sebagai kantor pusat kereta api swasta, Nederlansch Indische Spoorweg Maatscappij (NIS). Paska Indonesia merdeka, bangunan itu beralih fungsi menjadi kantor Djawatan Kereta Api Repoeblik Indonesia (DKARI) atau sekarang PT Kereta Api Indonesia.

Dari masa ke masa, Lawang Sewu dikenal sebagai bangunan angker. Bentuknya yang besar dan luas, serta kondisinya yang kurang terawat, menambah kesan itu. Apalagi, banyak kisah menyeramkan yang melingkupinya.

Konon, Lawang Sewu digunakan sebagai tempat penyiksaan tentara Indonesia pada masa peperangan. Belakangan, ada wisata misteri yang resmi disediakan di sana. Wisata itu menjadi salah satu destinasi favorit warga yang berkunjung ke Semarang. Mereka diajak melewati lorong-lorong seram di dalam gedung.

Lawang Sewu juga sering dijadikan lokasi syuting film-film horor. Kisah misterinya juga menginspirasi pembuatan film-film itu.

Tahun 2011, Lawang Sewu ditetapkan sebagai cagar budaya. Bangunan berusia lebih dari seratus tahun itu dipugar. Ia pun menjadi lebih ramah dan bersahabat.

Meski begitu, kesan angker Lawang Sewu tetap menancap di benak masyarakat. Bahkan, ia baru saja menjadi nomor dua di antara 10 tempat terseram di Asia, versi acara I Wouldn’t Go in There yang ditayangkan National Geographic Channel.

Acara itu sendiri bercerita soal sejarah dan kisah bangunan-bangunan di Asia yang dipercaya menjadi tempat tinggal makhluk halus. Posisi pertama ditempati Sekolah Tat Tak di Hong Kong, gedung bekas sekolah yang pernah menjadi tempat bunuh diri.

Di posisi ketiga, ada Gua Chibichiri di Okinawa. Itu merupakan tempat tentara Jepang melakukan bunuh diri setelah Perang Dunia ke-II. Selain tiga bangunan itu, berikut daftar lengkap 10 tempat terseram di Asia, seperti dilansir laman CNN.

1. Sekolah Tat Tak, Hong Kong

2. Lawang Sewu, Indonesia

3. Gua Chibichiri, Okinawa

4. Rumah Sakit Clark, Filipina

5. Bagua Buildling, Taiwan

6. Yeongdeok, Korea Selatan

7. Ghost Hill, Malaysia

8. Kuil Phra Si Sanphet, Thailand

9. Penjara Amerika Ph Bin, Vietnam

10. Tower of Silence, India (eh)

lihat lainnya






Artikel Kemarin
Next Post »

1 komentar:

Click here for komentar
29 May 2016 at 23:41 ×

nice

Congrats bro Jual Tiket Kereta Api you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar
Thanks for your comment

Popular Posts