Membuka Hati Melalui Zikir

Salah satu cara membuka hati kita adalah melalui zikir. Kalau dari segi bahasa, zikir berasal dari bahasa Arab, yang arti bahasa Indones...

Salah satu cara membuka hati kita adalah melalui zikir. Kalau dari segi bahasa, zikir berasal dari bahasa Arab, yang arti bahasa Indonesianya adalah “ingat.” Mungkin zikir itu seperti anda yang selalu ingat dengan si doi, tidak pernah lepas satu detik pun. Nah, mestinya sih yang seperti itu anda berikan kepada Allah.

Sebenarnya, saya juga tidak sangat tahu soal ini, tapi begini saja. Kita mulai dari ajarannya Abu Hamid Al-Ghazali. Tahu kan, siapa beliau? Kalau belum, cari tahu sendiri ya. Gampang kok, soalnya beliau itu seorang guru sufi yang sudah tenar sekali. Tanya saja ustadz anda, pasti beliau tahu siapa Al-Ghazali.

Menurut beliau, zikir punya empat makna.

Pertama, zikir adalah usaha yang istiqamah alias terus-menerus untuk senantiasa mengingat Allah. Artinya, zikir itu adalah lawan kata “lalai.” Anda selalu ingat dan tidak lalai kepada siapa yang memberi anda hidup, memberi anda napas, memberi anda perasaan, memberi anda pikiran, atau bahkan yang memberi anda nafsu, dan semua yang ada dalam diri anda. Nah, jangan salah, menurut beliau, shalat juga merupakan sebentuk zikir. Sebab, lewat shalat, kita seolah-olah hadir kepada Allah, maka Allah pun akan datang menemui kita.

Kedua, zikir adalah mengulang-ulang ungkapan, do’a atau nama-nama Allah, misalnya “La ilaha ilallah,” atau kata “Allah-Allah” yang diulang-ulang, atau “Ya Hayy” atau “Ya Haqq”, dan sebagainya. Zikir-zikir seperti ini harus dilakukan dengan kesungguhan niat, kesadaran, dan konsentrasi. Cara zikir seperti ini disebut zikir lidah.

Ketiga, zikir itu artinya kondisi batin saat kesadaran anda terhadap Allah memenuhi diri. Anda “putus” perhatian kepada dunia, paling tidak pada saat anda berzikir itu. Ini namanya zikir hati. Zikir seperti ini tampak sulit. Tapi paling tidak, anda harus mulai melatih diri.

Keempat, zikirnya orang yang ada di level batin yang sangat dalam. Tidak berubah, sangat istiqamah. Inilah zikir jiwa yang suci.

Sekarang, cara yang paling mungkin kita kerjakan yang mana? Kalau anda sudah siap, mulailah dengan apa yang selalu anda temui dalam kehidupan sehari-hari. Semua yang anda lihat, dengar, cium, raba dan rasakan oleh mata, telinga, hidung, kulit, dan lidah, sebenarnya memberi kesaksian yang tak terbantahkan tentang Allah. Batu dan bongkahan, tumbuhan dan pohon-pohon, makhluk hidup, langit, bumi, bintang-bintang, daratan dan lautan, api dan udara, semuanya mengingatkan indra-indra anda akan kebesaran-Nya. Semuanya bisa anda jadikan alat untuk berzikir.

Ada seorang syaikh di Istanbul, Sunbul Effendi namanya. Karena sudah mulai tua, dia berniat mencari pengganti untuk dirinya. Dia menguji murid-muridnya dengan cara menyuruh mereka mencari bunga untuk menghias pondok. Semua muridnya berhasil melaksanakan ujian itu. Mereka kembali sambil membawa bunga-bunga yang besar dan indah. Tapi, salah seorang dari mereka tidak mendapat apa-apa, kecuali bunga kecil dan sudah layu. Saat ditanya kenapa dia tidak mendapatkan yang bagus, dia menjawab, “Aku lihat, semua bunga sedang sibuk berzikir kepada Allah. Aku ingin membiarkan mereka. Aku tidak mau memotong ibadah mereka yang istiqamah itu. Lalu, aku lihat ada sebuah bunga yang sudah selesai berzikir. Ya, bunga itu yang aku bawa.” Nah tuh, hanya dengan setangkai bunga kecil dan sudah layu, sang murid bisa mengingat Allah.

Ujung ceritanya, si murid yang mendapat bunga kecil dan layu itu malah menjadi syaikh yang menggantikan Sunbul Effendi. Kok bisa, sih? Ya, bisa karena dia sering melatih diri untuk berzikir. Jadi, ketika ada bunga yang sedang berzikir pun dia bisa merasakan. Murid seperti dialah yang sebenarnya dicari Sunbul Effendi.

Contoh lainnya lagi adalah kelelawar. Manusia mulia seperti anda seharusnya tidak punya sifat kelelawar. Kelelawar tidak bisa melihat di siang hari karena silau akan matahari. Jadi, ia justru keluar dalam gelap. Kalau anda sudah keseringan menghabiskan waktu dengan percuma, keseringan menonton ilm atau gambar porno, keseringan dengar lagu-lagu yang gersang dan membuat anda gerah, maka nurani anda akan buta karena silau oleh itu semua. Otak anda akan tumpul dan lama-kelamaan anda jadi seperti mayat hidup. Semua indra anda tidak berfungsi dengan baik. Anda sudah tidak sanggup lagi menciptakan kebaikan-kebaikan. Seperti kelelawar di siang hari.

Dunia anda begitu terang! Anda bisa mengambil apapun yang bermanfaat dari sana. Anda bisa bertemu Allah setiap saat. Anda bisa hidup sambil menebar kebahagiaan dan keindahan terhadap sesama. Anda bisa menuai panen intan permata, asal anda tidak buta.

Sekarang, mulailah memanfaatkan semua indra anda, bersihkan pikiran anda, beningkan hati anda dengan sering-sering berbagi, murnikan akal anda dengan sering-seing merenungi diri sendiri, latih otak anda dengan sering belajar. Semua itu adalah awal belajar berzikir.
dari http://lampuislam.blogspot.com/



COMMENTS

DISQUS
Name

((((- Link Exchange -)))) A. info hp about Me accer admin cantik adriancell. adriancellular adsense Cari Dollar advan alpukat Alysa Soebandono FAM amalan amalan islam Android ANEKA RESEP CAPCAY LEZAT Aneka Resep Olahan Kepiting Aneka Resep Rumahan aplikasi paytren artikel agama Artikel Hiburan ARTIKEL Tips Agar Cepat Diterima di Google Adsense Indonesia Ayam Potong MASTER AYAM ayat alQuran tentang amar maruf nahi munkar B. SITEMAP BAJU ONLINE MURAH Barang Milik daerah (BMD) Batik Tasik ::::::: H & R ::::::: Ciroyom Kelurahan nagarasari Kecamatan Cipedes Belajar Piano Belajar Tenaga dalam Beranda berita artis Berita Kontroversi Bisnis paytren bisnis rumahan BITCOIN ANTI GALAU Blog Sukses Blog Terbaik Blog Terkenal Blogger Blogging dan ber-tag Blog Terbagus Bukti Transfer Bunda cara Pendaftaran Paytren Cari Jodoh Catatan Cellular hp ceramah agama cerita Chat free Cilok Cinta Nabi Cinta Rasul Contact Me cyrus DAMAS damas - Daya Mahasiswa Sunda Pupuh Data laporan Kependudukan Data Suket - Surat keterangan Telah melakukan Perekaman KTP-el Disclaimer doa Doa Islami Keluarga Muslimah dalam Pernikahan DOKUMEN - PUNYA PAPAHQIQI (OWNER) download aplikasi Download Game Horor 2015 download peraturan Evercoss facebook.com female free Streaming G A M E'S G TV Streaming gallery hamil hiburan Hiburan Film Hijab - Cantik dengan kerudung HP APPLE HTC HUAWEI I NEWS Free Streaming imo Indonesia Indosiar Streaming Informasi kesehatan instagram Instagram profile Jual Beli Online Jual Beli Tasikmalaya Jualan Kue Kelontong kantor dan Intansi Kecamatan Cipedes Kelontongan KeluargaKu Kewajiban Atasan Langsung Penyimpan BMD KLIP Sehat Komentar berhadiah Pulsa Kuliner Tasikmalaya Kuliners Tasikmalaya Komunitas WISATA KULINER TASIKMALAYA KWKT Kumpulan Wanita Lagi Viral di medsos lagu aku LALAGUAN Laporan Learn Office lenovo LG like dan share Lucah Tasikmalaya MASAKAN ASLI INDONESIA mia MNC TV Streaming Motifasi on google Motifasi on instagram My Family nasihat Niat Nikita Mirzani Olah Kebatinan on the spot 7 One piece Pahlawan Revolusi Panitia Pemeriksa Barang Daerah (PPBD) pelanggan perempuan Persatuan Orang Tua Murid Kelas C SDN Perumnas Cisalak Pramugari printer Privacy Policy Profile Artis puasa Pulsa Gratis pupuh Rahasia Kecantikam Rahasia Pengobatan RCTI STREAMING Recent Post - postingan Paling Baru resep ayam RESEP DAGING SAPI Resep IKAN resep kue Resep Mie Resep Sate resep sehat resep TELOR resep tempe rumah tangga Samsung SCTV Streaming Seks Wanita selfie Server simple simple chating SITEMAP SMARTFREN SOFTWARE Sport Girls Streaming TV submit url to google tahukah kamu Tanya Jawab Seputar Pengurus Barang Template terbaru2017 terkini Tips dan Trik Tips dan Trik english TransTV Tutorial TV ONE Streaming TVRI STREAMING WANITA weton XL-AXIS
false
ltr
item
Chat Online | AdrianCELL Master Pulsa: Membuka Hati Melalui Zikir
Membuka Hati Melalui Zikir
https://2.bp.blogspot.com/-83P7g5e0ncg/UpgO6F0Zi7I/AAAAAAAAA2Y/JZtl0wtIqLk/s1600/Sunset+and+Man.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-83P7g5e0ncg/UpgO6F0Zi7I/AAAAAAAAA2Y/JZtl0wtIqLk/s72-c/Sunset+and+Man.jpg
Chat Online | AdrianCELL Master Pulsa
http://www.miablog.web.id/2016/02/membuka-hati-melalui-zikir.html
http://www.miablog.web.id/
http://www.miablog.web.id/
http://www.miablog.web.id/2016/02/membuka-hati-melalui-zikir.html
true
8686416091357778467
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy