Search This Blog


 
✿✿ Bunda Online SHOP ✿✿
✿✿✿Tukar Link sahabat Bunda✿✿✿

Belajar Microsoft Exel



Siapa yang tidak kenal dengan Microsoft Excell, pengguna windows pasti sering bertemu dengan  Aplikasi ini terutama bagi pekerja di kantoran, program pengolahan data dengan excell ini memiliki Fungsi dan Rumus dalam mengoprasikannya

Jika anda sering menggunakan Program Microsoft Excell baik yang 2003, 2007 ataupun versi yang terbaru maka pasti anda tidak asing menggunakan rumus-rumus yang ada dalam Microsoft excell tersebut, Nah bagaimana jika saa seorang Pemula? bagaimana jika saya belum pernah belajar Komputer dan bagaimana jika saya belum tahu sama sekali membuka aplikasi  pengolahan data microsoft excel ?
Tak perlu Khawatir sekarang akan dapat mengoprasikan rumus-rumus  dalam microsoft excel sehingga memudahkan anda untuk lebih faham dengan artikel kami.

Ok, selama program yang Anda gunakan bernama Excel (kadang ada yang salah menuliskannya dengan exel saja ) , maka wajib bagi anda mengetahui rumus Microsoft Excel beserta contohnya. Perhatikan daftar rumus berikut ini.

Rumus Operator matematika  yang sering digunakan sebagai rumus dasar 

Rumus merupakan bagian terpenting dalam sebuah program ini karena setiap tabel  dan dokument yang kita ketik akan selalu berhubungan  dengan rumus dan fungsinya. program ini sangat diunggulkan dalam menampung data data yang bersifat numerik Contohnya sebagai berikut :


No
Operator
Fungsi
Contoh Penggunaan
1
+ (ikon plus)
Penjumlahan
=A1+A2
2
- (ikon minus)
Pengurangan
=A3-A4
3
* (ikon bintang)
Perkalian
=A5*A6
4
/ (ikon garis miring)
Pembagian
=A7/A8
5
^ (ikon caret)
Pangkat
=A9^2 (angka berapapun yang berada di cell A9 akan dipangkat 2
6
% (ikon persen)
Prosentase
=A1*10% (gunakan sesuai dengan kebutuhan)

Rumus Microsoft excel semua versi :
1. S U M
rumus atau fungsi atau formula yang paling sering diterapkan yang berfungsi untuk menambah ( sum diambil dari SUMary atau jumlah total) atau menjumlahkan contoh :
2. AVERAGE
Rumus Average memiliki fungsi untuk mengetahui rata-rata satu angka atau variable Contoh Rumus Average :

3. HLOOKUP dan VLOOKUP

Rumus HLOOKUP berasal dari kata H = Horizontal dan LOOKUP (melihat), yang berfungsi untuk menampilkan data suatu tabel yang dapat tersusun dengan berbagai format horizontal atau mendatar.  data WAJIB berurutan seperti dari A sampai Z atau dari 1 sampai 9 dst (dari besar ke kecil). Maka jika data yang Anda itu buat belum berurutan, jadi sebaiknya diurutkan dulu dengan memilih menu Ascending.

Sedangkan rumus VLOOKUP adalah dari kata V = Vertical. Jika HLOOKUP melihat secara horizontal/mendatar, maka VLOOKUP melihat secara vertical atau menurun.
4. AND
dalam Rumus AND berfungsi adalah untuk menampilkan nilai TRUE saat semua argument yang di tes memiliki nilai BENAR dan nilai FALSE jika salah satunya tau semuanya memiliki nilai SALAH.

5. NOT
Nah fungsi NOT adalah untuk memutar balik nilai argumennya. Penggunaan NOT hanya dilakukan jika Anda ingin sebuah kepastian tentang suatu nilai tidak sesuai dengan nilai tertentu. Contoh penggunaan rumus/fungsi NOT:
6. IF
Rumus atau Fungsi dari IF adalah  untuk melakukan pengujian atas kebenaran suatu kondisi. Contoh penggunaan rumus IF:
Sabagai dasar bagi anda itu saja yang dapat admin tampilkan atau sajikan semoga dapat membantu anda, silahkan baca baca dan dengan sering latihan maka anda akan terbiasa dan jika belum dimengerti silahkan di kolom komentas bertanya DIBAWAH
dan jangan lupa Follow Admin di facebook 
  Tagg Label

Artikel Kemarin
Next Post »
Thanks for your comment

Komentar Terakhir