AddToAny

Skip to main content
,
Nonton ONLINE




 sitemap blog☕


MANFAAT JENGKOL

MANFAAT JENGKOL

Ini 11 Manfaat Jengkol Buat Kesehatan
                                           

             Jengkol merupakan salah satu jenis sayuran yang fenomenal. sebagian orang sangat membenci sayuran ini karena baunya yang tidap sedap. Akan tetapi sebagian lain ada yang sangat fanatik dan menganggap jenis sayuran ini sangat istimewa. bahkan saat harga jengkol melambung tinggi pun mereka tidak ragu untuk membelinya.

             Terlebas dari kedua fenomena di atas, tahukah anda jika sayuran yang identik dengan bau yang khas tersebut menyimpan sejuta manfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Penasaran bukan? Berikut ulasannya:

Manfaat Jengkol Untuk Kesehatan Manusia

1. Pembentukan jaringan tubuh
Belum banyak yang mengetahui bahwa kandungan protein di dalam jengkol jauh lebih banyak dibanding kacang hijau dan kedelai. Karena kandungan protein yang tinggi jengkol dapat membantu pembentukan jaringan tubuh.

2. Mencegah anemia
Anemia diakibatkan oleh kurangnya zat besi di dalam tubuh, dan jengkol sendiri kaya akan zat besi sehingga sangat tepat sekali untuk dikonsumsi jika ingin terhindar dari anemia.

3. Memperkuat tulang dan gigi
Jengkol memiliki dua zat yang sangat bagus untuk memperkuat tulang dan gigi. Zat tersebut adalah kalsium dan fosfor.

4. Menangkal radikal bebas
Radikal bebas adalah penyebab penyakit kanker. Penting bagi kita untuk menjaga asupan gizi di dalam tubuh agar dapat mengangkal radikal bebas. Membiasakan mengkonsumsi jengkol setiap hari adalah salah satu cara yang dapat digunakan untuk menangkal radikal bebas.
Jengkol memiliki banyak vitamin sepert vitamin A, vitamin B1, vitamin B2 dan vitamin C.

5. Memperlancar pencernaan
Pencernaan yang tidak lancar diakibatkan oleh kurangnya serat di dalam tubuh.akan menyebabkan endapan-endapan di dalam saluran pencernaan. Hal inilah yang menimbulkan kegemukan. Jika anda tidak ingin hal tersebut terjadi, maka belajarlah untuk memulai mengkonsumsi jengkol. Kandungan serat yang kaya dari jengkol dapat memperlancar pencernaan.

6. Mencegah diabetes
Tahukan anda bahwa jengkol memiliki kandungan zat yang tidak dimiliki oleh sumber makanan lainnya. Zat tersebut adalah zat asam jengkolat. Nah, dari asam jengkolat inilah yang menyebabkan jengkol menjadi makanan pencegah diabetes.

7. Mengatasi masalah penyempitan pembuluh darah
Buah jengkol kaya akan kandungan mineral. Sedangkan kandungan mineral sendiri berfungsi untuk memperlebar pembuluh darah. Untuk mengkonsumsi jengkol yang baik, hindari untuk memasak terlalu matang. Jika jengkol terlalu matang kandungan mineral yang terdapat di dalam jengkol akan menghilang.

8. Untuk pertumbuhan tulang dan gigi pada janin yang masih dalam kandungan
Kandungan kalsium dan fosfor yang tinggi pada buah jengkol adalah alasan mengapa ibu hamil sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi jengkol. Dengan mengkonsumsi jengkol sewajarnya dapat membantu pertumbuhan tulang dan gigi pada janin.

9. Menstabilkan organ-organ vital didalam tubuh
Mengkonsumsi jengkol akan menjaga asupan asam folat dan vitamin B3. Jika kekurang asupan asam folat dan vitamin B3 maka akan mengakibatkan terganggunya sistem kerja organ vital kita. Untuk ibu hamil sendiri, asam folat dapat memperlancar ASI.

10. Mengontrol kadar gula darah
Zat gula alami yang terkandung di dalam jengkol dapat digunakan untuk menghilangkan kadar gula yang tidak baik untuk kesehatan. Dengan begitu kadar gula dalam darah akan lebih terkontrol. Sehingga sangat cocok sekali untuk dikonsumsi para penderita diabetes.

11. Menjaga kesehatan jantung
Jengkol memiliki anti toksin yang dapat menghilangkan racun di dalam darah. Selain itu juga terdapat antioksidan yang dapat menjaga kesehatan pada jantung. Dengan mengkonsumsi jengkonl peredaran darah juga menjadi lebih lancar.

Setelah melihat fakta-fakta di atas tentang manfaat jengkol yang begitu besar untuk kesehatan tubuh, masihkah anda ragu untuk mengkonsumsinya?

                                Semoga bermanfaat
 
PILIH YA

Nama ASLI : I GDE RISKI MSIP, Seorang PNS @ Pemerintahan kota Tasikmalaya tepatnya . Kemudian Blog ini saya buat dan mulai beroperasi pada 21 Desember 2010. Tentang SAYA ~ Jadi masterpulsa Daftar GratisHIBURAN

Comments