AddToAny

Skip to main content
,
Nonton ONLINE




 sitemap blog☕


WETON TULANG WANGI (VIDEO CERITA)

Setiap budaya memiliki tradisi dan kepercayaan yang khas, demikian pula dengan budaya Jawa. Satu di antaranya adalah kepercayaan tentang 11 weton tulang wangi, di mana tidak boleh keluar saat malam 1 Suro. Tetapi apa itu weton tulang wangi dan mengapa mereka harus tinggal di rumah pada malam tersebut?
Foto dari  https://bondowoso.jatimnetwork.com/

Apa itu weton? 
Ahli sejarah dan dosen Program Studi Ilmu Sejarah di Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Tundjung Wahadi Sutirto mengatakan, dalam konsep "petangan" atau perhitungan menurut acuan budaya Jawa, ada yang namanya "weton". 

Weton merupakan kata dalam bahasa Jawa yang berarti hari kelahiran. Weton menurut masyarakat Jawa dihitung dengan menggabungkan hari dalam seminggu dengan lima hari pasaran Jawa. 

Hari dalam seminggu adalah Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jumat, Sabtu, dan Minggu. Sedangkan hari pasaran Jawa ada lima, yaitu Pahing, Wage, Kliwon, Pon dan Legi. 

Hal ini berarti, waktu manusia dilahirkan ke dunia ini sudah takdir dalam ruang dan waktu. Sehingga, ruang dan waktu itu dikupas dalam sebuah hitungan yang menggabungkan hari dan "pasaran". 

"Jika sesorang itu lahirnya dalam jumlah hitungan tertentu, maka angka penjumlahan itu disebut dengan weton. Jadi, setiap hari dan "pasaran" itu menandai watak seseorang manusia," ujarnya kepada Kompas.com, Selasa (18/7/2023).

Mengapa Disebut 'Tulang Wangi'? 
Sebutan 'Tulang Wangi' merujuk pada kepercayaan bahwa orang-orang dengan weton ini memiliki 'aura' atau 'aroma' yang menarik perhatian makhluk halus. Mereka juga sering kali dikaitkan dengan sifat-sifat seperti kepemimpinan yang kuat, kreativitas, dan bakat dalam berbagai bidang. 

11 Weton Tulang Wangi 
Daftar 11 Weton Tulang Wangi Berikut adalah 11 kombinasi weton yang sering dikaitkan dengan Tulang Wangi: 
  1. Weton Senin Kliwon 
  2. Weton Senin Wage 
  3. Weton Selasa Legi 
  4. Weton Rabu Pahing 
  5. Weton Rabu Kliwon 
  6. Weton Kamis Wage 
  7. Weton Minggu Pon 
  8. Weton Minggu Kliwon 
  9. Weton Senin Pahing 
  10. Weton Sabtu Wage 
  11. Weton Sabtu Legi 

Meskipun begitu, perlu diingat bahwa tidak semua orang dengan weton-weton tersebut otomatis memiliki 'Tulang Wangi'. Hal ini sangat individual dan mungkin berbeda-beda pada setiap orang.

Weton tulang wangi dengan mitos malam 1 Suro 
Lebih lanjut, Tundjung mengungkapkan, dalam khasanah budaya Jawa, malam 1 Suro dipercaya sebagai malam yang penuh magis dan mistis. 

Di mana pada malam tersebut dipercaya bahwa roh para leluhur akan datang ke lingkungan tempat tinggal manusia di bumi. 

"Karena, orang dengan weton tulang wangi ini punya kedekatan dengan makluk halus atau astral, maka mereka yang memiliki weton itu bisa bersinggungan dengan roh-roh itu. Sehingga bisa berdampak pada energi negatif yang terserap olehnya," katanya lagi. 

Maka dari itu, untuk menghindarkan dari energi negatif itu, Tundjung menyarankan agar siapa saja yang memiliki weton yang menunjukkan weton tulang wangi agar lebih mendekatkan diri dengan yang maha kuasa. 

"Siapa saja yang hitungan kelahirannya menunjukkan weton tulang wangi agar memperbanyak melakukan pendekatan diri dengan yang maha kuasa dengan berbagai cara misalnya berdoa atau meditasi," jelasnya. 

"Sehingga, dalam tradisi Jawa kaitan antara weton tulang wangi dengan datangnya malam 1 Suro itu bersifat koherensi," jelasnya.
=============================================================
di upload dari youtube pen invasion channel : https://www.youtube.com/watch?v=vrL9qWTVWls
dengan judul Video : Weton Tulang Wangi (VIDEO CERITA ) 
email video pns.kotatasikmalaya@gmail.com


PILIH YA

Nama ASLI : I GDE RISKI MSIP, Seorang PNS @ Pemerintahan kota Tasikmalaya tepatnya . Kemudian Blog ini saya buat dan mulai beroperasi pada 21 Desember 2010. Tentang SAYA ~ Jadi masterpulsa Daftar GratisHIBURAN

Comments