Search This Blog



AYAM GOR3NG BUMBU KUNING


CARA MEMBUAT AYAM GOR3NG BUMBU KUNING

Siapa sih yang nggak suka sama ayam gor3ng. Saya pastikan, hampir semua orang mulai dari anak-anak hingga d3w4sa suka sama ayam gor3ng. Apalagi, jika ayam gor3ng ini bumbunya berasa dan tekstur dagingnya lembut serta 3mpuk. Mmm, sepertinya tidak ada yang bisa menolak kel3zatan si ayam gor3ng ini ya, hehe.

Untuk membuat ayam gor3ng yang enak dan 6urih sendiri, sebenarnya kamu bisa membuatnya di rumah. Dan salah satu ayam gor3ng yang enak serta 6urih adalah ayam gor3ng bumbu kuning. Apa saja bahan untuk membuat ayam goreng bumbu kuning dan bagaimana cara membuatnya?


Yuk bikin sendiri saat weekend ini, klik aja foto ayam gor3ng bumbu kuning di bawah untuk bahan, bumbu dan cara memasaknya ya!



1 kg daging ayam (potong saja menjadi 10 bagian atau sesuai selera juga boleh)
5 butir kemiri
5 siung bawang merah
5 siung bawang putih
Gula (secukupnya saja)
Garam (secukupnya saja)
1 sendok makan air asam jawa
1 lembar daun jeruk
1 batang serai (di memarkan saja dulu)
5 cm kunyit
Merica (secukupnya saja)
Ketumbar (secukupnya saja)
4 cm lengkuas (di memarkan saja dulu)
3 cm ruas jahe
Kaldu ayam bubuk (secukupnya saja)
Minyak gor3ng (secukupnya saja)
20 butir cabe rawit merah utuh


  1. Kukus dulu ayamnya kurang lebih sekitar 30 menitan agar dagingnya matang dengan baik dan teksturnya empuk. Mengukus daging ayam ini juga bertujuan supaya lemak-lemak di dalam daging ayam tersebut berkurang. Jika dagingnya sudah dikukus, angkatlah lalu tiriskan & diamkan.
  2. Buat bumbunya dengan menghaluskan kemiri, bawang putih & bawang merah, merica, kunyit serta ketumbar juga jahenya.
  3. Panaskanlah wajan kemudian tumis bumbu yang sebelumnya telah Anda haluskan hingga aromanya tercium wangi. Tambahkanlah garam, gula, lengkuas, kaldu ayam bubuk, batang serai, air asam, daun jeruk dan cabe rawitnya ke dalam bumbu yang sedang ditumis. Tambahkanlah sedikit air.
  4. Masukkan daging ayam dan masaklah beberapa menit bersama dengan bumbu hingga bumbunya benar benar meresap ke daging.
  5. Jika bumbunya dirasa sudah meresap, angkat dan Anda tiriskan.
  6. Gor3ng daging ayamnya dengan minyak panas sampai warna ayam gor3ng tampak berubah menjadi kuning dan agak kecokelatan.
  7. Ayam gor3ng sudah m4tang dan sudah siap untuk disajikan. 

Cukup simple bukan mencoba resep ayam gor3ng kuning 6urih pedas. Anda bisa mengiris – iris cabe rawitnya agar terasa pedas dan menambahnya jika dirasa kurang dan jika tidak terlalu suka pedas bisa Anda masak resep ini tanpa cabe rawit. Sedikit tips dari Kami, sebaiknya tusuk-tusuk daging ayam dengan memakai garpu, agar bumbunya lebih mer3sap hingga ke dalam daging ayam dan agar ayam lebih cepat mat4ng.
Resep resep Ayam lainnyaResep Masakan

Artikel Kemarin
Next Post »
Thanks for your comment

Popular Posts