Search This Blog


Cara Menjaga Kesehatan Saat Berpuasa


Menyambut datangnya bulkan Ramadhan seluruh umat muslim didunia bersuka cita meyambut datangnya bylan Ramadhan serta melakukan banyak persiapan berupa niat untuk menjalankan puasa sebulan penuh dan persiapan pisik dengan menjaga konsidi tubuh agar tetap fit saat menjalankan ibadah puasanya nanti.

Cara menjaga ※kesehatan saat berpuasa※ sangat penting sebab banyak terjadi perubahan pola hidup saat berpuasa dari pola tidur hingga pola makan karena berpuasa pada bulan ramadhan adalah wajib bagi umat islam kita harus menjaga kesehatan, jika kita melalaikan kesehatan selama berpuasa malah jatuh sakit ketika hari raya tiba, banyak orang menjadi kurang sehat saat berpuasa karena mereka menjalani pola hidup yang amat kurang baik saaat berpuasa ↶

Memang harus dan perlu diperhatikan karena bulan puasa akan datang sebentar lagi 〾  dan kita harus mempersiapkan kesehatan dan kebugaran tubuh ☺ mulai sekarang agar saat puasa nanti kondisi tubuh bisa sehat dan bugar 🎯 ۝󠀢
dan pastinya badan kita akan loyo kalau kita tidak mempersiapkannya

Cara menjaga kesehatan saat berpuasa menjadi sangat penting agar kegiatan sehari hari bisa berjalan dengan normal jadi yuks terapkan pola yang sehat  dibulan yang suci ini cara yang paling penging adalah menerapkan pola makan yang baik pada saat sahur maupun berbuka ☺jika kita menjalani pola makan yang sehat, maka tubuh akan tetap bugar meskipun sedang berpuasa ☝ dan berjalan lancar seperti hari hari biasanya.

TIPS BUGAR SELAMA BERPUASA


  • Hindari makan berlebihan ketika sahur
Makan sahur adalah sebagai bekal untuk menjalankan ibadah puasa. Agar puasa lancar dan tidak cepat merasa lemas pada siang hari, konsumsilah makanan yang mengandung zat gizi, protein, karbohidrat, vitamin, serta mineral dalam jumlah yang cukup. Makan makanan berserat, seperti sayur dan buah agar lebih lama dicerna dalam tubuh sehingga memperlambat timbulnya rasa lapar. Konsumsi karbohidrat (dalam hal ini nasi) haruslah dalam porsi yang sedang, makan terlalu kenyang dapat mengganggu kenyamanan perut dan sistem pencernaan.
  • Cukup minum air putih
Untuk menghindari dehidrasi, cukupi kebutuhan air minum Anda setiap hari dengan mengonsumsi setidaknya 2L air diantara waktu berbuka hingga sahur. Dehidrasi membuat badan lemas dan membuat aliran oksigen di dalam tubuh tidak lancar.
  • Hindari tidur setelah makan sahur
Kebiasaan langsung tidur setelah makan sahur sangat tidak dianjurkan karena akan mengganggu proses metabolisme. Tubuh memerlukan waktu untuk dapat mencerna makanan yang baru saja masuk. Ketika Anda memilih untuk langsung tidur setelah makan sahur, makanan yang seharusnya disimpan dalam lambung dapat berbalik arah menuju ke atas kembali ke kerongkongan. Tetu makanan-makanan itu membawa asam lambung ikut naik ke atas, membuat kerongkongan terasa kering dan panas. Terkadang juga menimbulkan rasa mual, mulas, bahkan ingin muntah. Bila terpaksa Anda harus tidur, beri selang waktu antara 1-2 jam setelah makan, dan tidur dengan posisi setengah duduk atau bantal yang tinggi.
  • Jangan gunakan tenaga berlebihan
Melakukan aktifitas fisik yang berat tentu menguras banyak tenaga dan menghabiskan energi. Sementara cadangan energi kita harus dihemat agar kuat sampai waktunya berbuka. Lebih baik jika melakukan aktifitas fisik yang ringan agar energi yang kita punya tidak terbuang sia-sia.
  • Tidur siang
Selain rasa lemas, hal yang paling sering dialami saat puasa adalah mengantuk. Itu karena jumlah kalori di dalam tubuh berkurang saat puasa. Tidur siang antara 1-2 jam setelah dzuhur dapat mengembalikan energi/tenaga dalam tubuh. Namun jangan pula tidur siang berlebihan, karena bisa membuat tubuh makin lemas dan tidak bertenaga.
  • Awali berbuka dengan makanan hangat dan manis
Minuman hangat lebih bersahabat dengan lambung yang telah kosong seharian, karena mampu menetralisir asam lambung. Sedangkan makanan manis seperti kurma lebih cepat diserap tubuh untuk memulihkan energi/tenaga setelah berpuasa. Hindari minum es atau minuman dingin langsung saat berbuka meski Anda sangat haus. Minuman dingin dapat memicu asam lambung yang bisa menyebabkan penyakit maag.
  • Jangan langsung menyantap hidangan utama
Saat berbuka, jangan langsung melahap semua makanan terlebih hidangan utama yang berupa nasi. Dikhawatirkan kondisi lambung belum siap untuk mencerna makanan dalam jumlah besar. Kurangi makanan berlemak, pedas, dan asam, makanan instan yang berpenyedap tinggi dan berpengawet, serta minuman bersoda.
  • Olahraga
Olahraga dibutuhkan untuk menjaga agar tubuh tetap sehat selama puasa. Lakukan olahraga yang ringan dan tidak menguras banyak tenaga. Bisa dengan jalan kaki atau lari-lari kecil setiap menjelang waktu berbuka puasa.

Demikianlah cara menjaga kesehatan saat puasa, mudah-mudahan bisa menambah pengetahuan dan puasa kita semakin lancar tanpa gangguan masalah kesehatan yang berarti.

Tagg Label



Artikel Kemarin
Next Post »

2 komentar

Click here for komentar
4 May 2018 at 01:28 ×

Alhamdulillah, sebentar lagi bulan Ramadhan tiba.

Reply
avatar
7 May 2018 at 04:49 ×

Iya a sebentar lagi ramadhan, alhamdulilah kita di pertemukan lagi dengan bulan suci ini, oh iya makasih telah mampir kalo berkenan ini wa bunda 083025540466

Reply
avatar
Thanks for your comment