UPTD Puskesmas Cigeureung

Puskesmas Cigeureung beralamatkan di Jalan Cigeureung no. 112 Kecamatan Cipedes. Kode Pos 46132 Puskesmas P3278080202 Kota Tasikmalaya, Telp. 0265-328527.
Di Puskesmas mempunyai 26 program yang harus dilaksanakan. Program-program tersebut, meliputi :
1)   BP. Umum
2)   Keluarga Berencana (KB)
3)   Kesehatan Ibu dan Anak (KIA)
4)   Manajemen Tindak lanjut Bayi Sakit (MTBS)
5)   PHN (Publik Healt Nurse) atau Perawatan Kesehatan Masyarakat
6)   Gizi
7)   Kesehatan Keliling (Kesling)
8)   P2TB
9)   Diare
10)  P2Kusta
11)  Imunisasi
12)  Surveilans
13)  HIV/AIDS
14)  P2ISPA
15)  Promosi Kesehatan (Promkes)
16)  Laboratorium
17)  BP. Gigi
18)  Jiwa
19)  Lansia
20)  Farmasi
21)  Usaha Kesehatan Sekolah (UKS)
22)  Usaha Kesehatan Gigi Sekolah (UKGS)
23)  Mata
24)  Pos UKK (Usaha Kesehatan Keluarga)
25)  Matra
26)  FKPR


- Apa Itu Dokter Kulit dan Kelamin
- Next

Tanya Dokter : emailme puskesmascigeureung.cipedes@gmail.com
Indeks Penyakit


Pencarian # deteksi Batu Ginjal , Badan Lemas, Batu empedu
12 October 2018 at 14:25

Pengertian
Penyakit batu empedu atau kolelitiasis merupakan gangguan kesehatan dimana terdapat batu dalam kandung atau saluran empedu. Pada beberapa kasus, batu bisa saja terdapat di kedua organ tersebut. Batu ini merupakan hasil dari cairan empedu yang memadat menjadi partikel keras menyerupai potongan batu –seperti batu kerikil.

Empedu itu sendiri merupakan satu-satunya jalur yang bekerja untuk mengeluarkan kelebihan kolesterol dari tubuh –baik sebagai kolesterol bebas maupun sebagai garam empedu. Sedangkan kandung empedu merupakan kantung yang berfungsi untuk menyimpan empedu sebelum dilepaskan ke dalam usus. Letak kandung empedu ada di bawah organ hati.

Jika batu empedu masuk ke dalam saluran empedu, maka dapat terjadi penyumbatan dan infeksi pada saluran empedu (kolangitis). Penyumbatan yang terjadi pada saluran empedu ini akan membuat bakteri tumbuh dan berkembang. Akibatnya timbullah infeksi di dalam saluran. Bakteri tersebut juga bisa menyebar melalui aliran darah dan menyebabkan infeksi di bagian tubuh lainnya.
Batu empedu dapat dibagi menjadi tiga jenis, yaitu batu empedu kolesterol, batu empedu pigmen, dan batu empedu campuran. Seperti namanya, batu empedu kolesterol terbentuk dari kolesterol. Batu empedu ini biasanya berwarna kuning atau hijau.
Selanjutnya batu empedu pigmen/bilirubin, terbentuk dari kalsium bilirubinat yang terlalu banyak dalam empedu. Batu empedu yang satu ini biasanya berwarna gelap, seperti hitam atau cokelat. Terakhir adalah batu empedu campuran yang merupakan campuran antara kolesterol dan bilirubin.

http://ust.chatango.com/um/m/i/mimimaria1411/img/l_64.jpg
see https://www.facebook.com/notes/puskesmas-cigeureung-kecamatan-cipedes/batu-empedu/1020245304848148/

Reply
avatar

Translate