AddToAny

Skip to main content
,
Nonton ONLINE




 sitemap blog☕


MENIRAN DAN MANFAATNYA

 MENIRAN DAN MANFAATNYA

Anda mungkin sering melihat tanaman yang mirip dengan putri malu ini. Tanaman ini sering ditemui di pinggir jalan dan dikira tanaman liar tanpa manfaat. Tapi jangan salah. Ternyata meniran hijau punya banyak khasiat, lho
Meniran adalah salah satu jenis tanaman yang memiliki bentuk batang bulat tegak lurus, tinggi tanaman bisa mencapai satu meter lebih dalam kondisi tanah subur
Kita akan sering menjumpai tanaman ini di daerah dataran rendah sampai ketinggian 1000 meter di atas permukaan laut.
Manfaat meniran hijau untuk kesehatan Jangan anggap remeh tanaman yang dikira gulma ini, berikut manfaat meniran hijau untuk kesehatan: 
1. Menangkal radikal bebas  

Daun meniran hijau dapat bertindak sebagai molekul antioksidan, khasiat yang menjadi khas banyak tumbuh-tumbuhan. Molekul antioksidan diperlukan tubuh dalam mengendalikan radikal bebas berlebih. Sebab, apabila tak terkendali, radikal bebas dapat memicu kerusakan sel dan berujung pada berbagai penyakit. 

2. Meredakan peradangan 

Selain memiliki efek antioksidan, meniran hijau juga diyakini memiliki sifat antiperadangan. Kesimpulan ini diambil berdasarkan temuan sebuah riset pada hewan dalam jurnal BMC Complementary Medicine and Therapies. Peradangan sendiri dapat menimbulkan masalah pada tubuh, mulai dari masalah kulit hingga sakit yang kronis. 

3. Memiliki sifat antimikroba 

Ekstrak meniran hijau ditemukan dapat melawan bakteri H. pylori. H. pylori umum terdapat di saluran pencernaan dan biasanya tidak berbahaya. Namun, di beberapa kasus, bakteri ini dapat menyebabkan sakit perut, mual, dan ulkus peptik.

Menariknya lagi, ekstrak meniran hijau tersebut tidak berbahaya bagi bakteri asam laktat yang menguntungkan bagi tubuh kita. 
4. Mengendalikan gula darah 

Menurut studi, meniran hijau memiliki potensi manfaat antidiabetes. Tanaman ini dapat mencegah penyerapan glukosa sehingga dapat mengendalikan gula darah. 

5. Membantu mencegah batu ginjal 

Dalam dunia herbal, mungkin potensi manfaat meniran hijau yang paling dikenal adalah untuk mencegah batu ginjal. Berbagai studi telah melaporkan bahwa tumbuhan yang kerap diabaikan ini dapat berperan dalam pencegahan batu ginjal. 

6. Membantu menjaga kesehatan hati 

Studi pada hewan tahun 2017 mengungkapkan bahwa meniran hijau memiliki potensi untuk mengatasi perlemakan hati non-alkohol dan aterosklerosis. Kedua gangguan ini dapat memicu resisten insulin. Menurut studi tersebut, meniran hijau dilaporkan dapat mengurangi resisten insulin sehingga juga mengurangi asam lemak pada organ hati.

 7. Membantu melawan tukak lambung 

Sifat antiperadangan pada meniran hijau disebutkan juga dapat melawan tukak lambung. Selain itu, tumbuhan ini juga mampu mengurangi sekresi asam lambung serta melindungi lambung. 

8. Berpotensi untuk menangani hepatitis B 

Meniran hijau disebutkan memiliki sifat antivirus. Dengan begitu, tumbuhan ini memiliki potensi kesehatan untuk menangani hepatitis B. Walau temuan ini menarik, meniran hijau cenderung tidak mampu menangani hepatitis kronis. 

9. Berpotensi memiliki sifat antikanker 

Berbagai spesies meniran memiliki potensi kesehatan untuk mencegah metastasis pada kanker payudara dan kanker paru-paru. Menurut studi yang dimuat dalam jurnal Public Library of Science, polifenol dalam meniran dapat mencegah invasi, perpindahan, dan adesi sel-sel kanker. 
Meniran hijau juga disebutkan berpotensi untuk melawan sel kanker
Studi lain juga menemukan bahwa meniran hijau membantu memperlambat pertumbuhan sel kanker kolorektal dan kanker hati. 

10. Mencegah asam urat 

Meningkatnya kadar asam urat dalam darah bisa memicu munculnya berbagai gejala, terutama nyeri pada sendi. Mengonsumsi meniran, secara tradisional dinilai dapat kembali menyeimbangkan kadar asam urat dalam darah.Secara ilmiah, manfaat meniran yang satu ini baru dibuktikan melalui penelitian menggunakan hewan uji. Hewan tersebut mengalami penurunan kadar asam urat setelah diberikan suplemen meniran secara teratur.Penelitian lebih lanjut masih perlu dilakukan untuk melihat manfaatnya pada manusia secara klinis. Sehingga, untuk Anda yang ingin mengonsumsi meniran sebagai obat asam urat, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter. 

Apakah suplemen meniran aman digunakan? 

Meniran memang dijual dalam bentuk suplemen. Walau begitu. suplemen herbal seperti meniran tentunya tak menggantikan pengobatan dokter dalam mengatasi masalah medis.Apabila Anda hendak mencoba suplemen, selalu konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu terkait reputasi merek serta menyesuaikan dengan kesehatan fisik Anda. Laporkan ke dokter apabila Anda ingin mencoba suplemen meniran jika memiliki kondisi medis berikut ini:
  • Menderita diabetes 
  • Memiliki riwayat gangguan pembekuan darah 
  • Sedang mengonsumsi obat, terutama obat pengencer darah 
  • Akan menjalani operasi dalam dua minggu ke depan 
Meniran hijau sendiri dapat menimbulkan efek samping tertentu, sehingga tetap harus dikonsumsi dengan penuh pertimbangan. Efek samping meniran tersebut termasuk diare serta rasa tidak nyaman pada perut.Suplemen meniran tidak dianjurkan bagi ibu hamil. Dosis penggunaan suplemen ini juga belum tersedia untuk anak-anak. 

Walau dipandang sebagai gulma saja, meniran hijau ternyata memiliki khasiat dan manfaat kesehatan yang menakjubkan. Riset-riset yang lebih besar tentunya diperlukan untuk menguatkan temuan-temuan di atas.
Semoga bermanfaat
Recent Post             

PILIH YA

Nama ASLI : I GDE RISKI MSIP, Seorang PNS @ Pemerintahan kota Tasikmalaya tepatnya . Kemudian Blog ini saya buat dan mulai beroperasi pada 21 Desember 2010. Tentang SAYA ~ Jadi masterpulsa Daftar GratisHIBURAN

Comments